Ini Cara Unik Mandikan Kucing Agar Tak Berontak

www.kunucats.com

KUCING umumnya agak alergi dengan air. Tapi, bukan berarti tak bisa dimandikan. Untuk kucing rumahan, hukumnya wajib dimandikan agar tubuh mereka tak kotor saat bermain dengan Anda di ruangan rumah, termasuk di kamar.

Tapi, pertama-tama, Anda perlu tahu kalau memandikan kucing itu tak ada ukurannya secara teratur, meski umumnya banyak yang menyarankan seminggu dua kali. Meski belum waktunya mandi, bila bulu kucing Anda sudah berbau tak sedap, segeralah ajak berendam air.

Menjadi hal wajar kalau kucing kerap berontak ketika mandi. Tapi, ini hanya berlaku kalau mereka jarang tersentuh air. Berbeda jika kucing selalu dimandikan, mereka malah ketagihan nantinya. Untuk itu, mulai biasakan kucing Anda berkenalan dengan air supaya tak repot saat mandi.

www.kucingpedia.com

Memang ada beberapa peralatan yang harus Anda siapkan seperti sikat kucing, baskom atau bak kecil, shampo (khusus kucing), handuk dan blower (alternatif hair dryer). Untuk mengeringkan cara konvensionalnya adalah dijemur pagi hari.

Perlu diingat, untuk memandikan kucing juga harus berhati-hati, berikan pijatan halus sebagai bentuk perhatian agar timbul rasa nyaman. Gunakan air dingin. Jangan sampai busa shampo mengenai mata hidung dan mulut, dan dilarang memasukan air ke dalam kuping kucing. Cukup basuh secukupnya.

Langkah awal, basahi seluruh anggota tubuh kucing satu per satu. Agar lebih mudah, bisa dengan shower sambil dibasuh dengan tangan pelan-pelan (diusap-usap). Kemudian, oleskan shampo merata ke seluruh badan kucing. Ingat, jangan sampai terkena bagian mata, hidung dan mulutnya.

www.petlouge.com

Saat mandi dengan shampo, sikatlah tubuh kucing. Bisa juga membiarkannya berendam sementara waktu di baskom. Untuk di bagian kepala, hanya oleskan sedikit saja, lalu segera bilas dengan air agar busa tak menempel lama khawatir terkena bagian-bagian sensitifnya.

Usai itu, bilas kembali seluruh tubuh kucing air dari shower sampai bersih. Sekiranya di rasa cukup, angkat kucing dan keringkan bulunya dengan handuk. Barulah keringkan kucing dengan blower, atau menjemurnya di tempat kering.

Suhunya jangan terlalu panas, biasanya matahari pagi sangat cocok untuk kucing mengeringkan bekas air di bulu-bulunya. Setelah mandi, biasanya kucing akan merasa nyaman sehingga tertidur. Berikan alas kering seperti handuk agar lebih basah di tubuh mereka terserap kain.

Saat bangun nanti, kucing pasti merasakan lapar. Jadi buatkan menu makannya saat kucing terlelap. Supaya pas bangun, tersaji makanan siap santap.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*