Tak Perlu Repot! Begini Cara Mengawinkan Kucing

www.meongku.com

MEMILIKI anak kucing lucu tentu menjadi keinginan para pencinta kucing. Terkadang, muncul ide untuk bereksperimen mengawinkan kucing berbeda ras agar anaknya menggemaskan. Tapi bagaimana mengawinkan kucing?

Kalau kucing liar pada umumnya mereka melakukan proses secara alami. Bila Anda memelihara kucing betina, tinggal tunggu hewan tesebut pergi dari rumah untuk kurun waktu tertentu, tiba-tiba saat terlihat kembali sudah hamil. Sedangkan kucing jantan, mendadak pergi dalam waktu lama, sebelum pulang ke rumah.

Berbeda dengan kucing varian (rumahan) yang mungkin sedikit rewel. Kalau tak mau repot, bawa saja kucing Anda ke jasa penitipan hewan, mereka nanti yang akan mencarikan jodohnya. Namun ada biaya yang harus dibayar.

Belum lagi, kucing Anda dipastikan menginap lama di tempat tersebut. Di tambah lagi masalah pembagian anak kucing dengan pemilik lain. Bila ada rasa khwatir ke sana, tak ada salahnya mulai bereksperimen mengawinkan sendiri kucing Anda di rumah.

www.tribunnews.com

Sebenarnya, proses perkawinan kucing ini tak terlalu menyusahkan selama si betina dan jantan menemukan kecocokan. Tugas Anda sebagai ‘majikan’ yang harus menjodohkan keduanya. Sama seperti manusia, kucing pun memiliki tahapan seperti perkenalan, pendekatan dan perkawinan.

Tapi, sebelum memulai tahapan tersebut, mula-mula teliti dulu masa kawin dari hewan peliharaan Anda. Kucing jantan memasuki puber pada usia 10 – 12 bulan. Sedangkan betina umumnya lebih cepat kisaran usia 6 bulan.

Selanjutnya, perhatikan siklus birahi kucing betina. Seperti suka berguling-guling di lantai, mengeong keras (memanggil jantan), dan bila pinggulnya disentuh, maka ia akan mengangkat bagian tubuhnya itu. Kalau proses itu sudah terlihat, kini waktunya mengawinkan kucing.

www.id.aliexpress.com

Tahap pertama adalah pengenalan. Letakan kucing jantan dan betina dengan kandang terpisah, namun saling berdekatan. Biarkan mereka saling kenal selama 1 – 2 hari. Bila si betinanya cocok, ia akan mengeong-ngeong.

Tahap kedua dengan mempersilahkan mereka kawin. Gabung kedua kucing ini di dalam satu kandang besar atau ruangan. Betina biasanya akan lebih dulu mencari perhatian kucing jantan dengan berjalan mondar-mandir. Atau bisa juga malah sebaliknya, si betina bersikap galak. Tak perlu khawatir sebab ini merupakan tahap pendekatan.

Tahap terakhir adalah perkawinan. Dalam langkah ini, jangan pisahkan kucing-kucing Anda selama beberapa hari. Sebab, perkawinan antara jantan dan bentina berlangsung lebih dari satu kali. Ini untuk memastikan kalau si betina benar-benar hamil.

Be the first to comment on "Tak Perlu Repot! Begini Cara Mengawinkan Kucing"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*