Wow! Tujuh Cara ini Bikin Kucing Anda Sehat dan Penurut

www.petlouge.com

MERAWAT kucing bisa dikatakan gampang-gampang susah. Hewan yang menjadi favorit peliharaan banyak orang ini ternyata memiliki sifat sensitif sehingga perlu perlakuan khusus. Perawatan ini, bukan hanya untuk kucing dengan jenis tertentu. Bila mendapat perhatian baik, kucing liar pun bisa terlihat manis dan menggemaskan serta penurut.

1. Bila Anda memiliki kucing kecil (anakan), hal pertama yang harus dilakukan adalah mencukupi kebutuhan gizinya. Selama masih ada sang induk, konsumsi susu adalah prioritas utama. Namun, bila anak kucing ini terpisah, maka berikan nutrisi dalam makanannya 2 kali lebih besar dari kucing dewasa, berikan makan 4 kali dalam sehari. Cara ini dilakukan agar kucingsehat.

2. Setelah usia kucing sudah kisaran 8 – 10 bulan, Anda bisa memberikannya makanan rumah seperti nasi dengan campuran ikan atau daging ayam. Ini penting untuk membiasakan hewan tersebut agar tak pilah-pilih makanan ketika dewasa. Jangan mengandalkan makanan produk olahan.

www.omah-kucing.blogspot.co.id

3. Panggil kucing dengan nama mereka. Ini harus dimulai sejak kecil agar mereka akrab dengan sebutan tersebut. Ini juga melatih mereka untuk paham atas instruksi yang Anda buat. Saat mereka menjawab panggilan tersebut, berikanlah makan sebagai imbalan. Naruli kucing nanti akan terlatih menuruti kemauan Anda. Lama kelamaan cara ini akan membuat kucing anda penurut.

4. Memandikan kucing sebetulnya tak perlu rutin. Bila bulu-bulu mereka mulai tercium tak sedap, maka itulah waktu mereka berendam di air. Tapi, jangan gunakan air panas, karena ini berbahaya bagi kucing. Perkenalkan kucing dengan air agar mereka tak alergi mandi, dan perhatikan juga kukunya agar saat meronta tak melukai Anda.

5. Bersikap tegas kepada kucing. Ini penting untuk melatih mereka membedakan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Berikan hukuman dengan mengurangi porsi makan atau menegur halus kucing Anda. Tapi, jangan sampai kasar ke mereka. Bisa dengan menyentil pelan bagian telinga kucing sebagai bentuk peringatan.

www.theodysseyonline.com

6. Vaksinasi menjadi salah satu cara untuk merawat kucing agar lebih sehat. Meski kucing liar memiliki daya tahan tubuh yang baik, bukan berarti mereka terbebas dari virus. Vaksin bisa diberikan saat kucing berusia 8 – 9 minggu. Namun lebih jelasnya bisa berkonsultasi dengan dokter hewan.

7. Jaga kebersihan kandang. Misal membuang kotoran yang ada di boks pasir atau membersihkan tempat makan kucing bila mereka menyantap makanan basah. Perhatikan juga gigi, kuku dan telinganya karena pada tempat-tempat tersebut sangat rawan dihinggapi bakteri serta kuman.

Be the first to comment on "Wow! Tujuh Cara ini Bikin Kucing Anda Sehat dan Penurut"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*