Hati-hati Tangani Perawatan Anak Anjing Baru Lahir

dog lover club Indonesia

SAAT melihat anak anjing baru lahir, mereka pasti terlihat mungil dan sangat lucu. Namun, di balik itu semua anak anjing sangat membutuhkan perhatian khusus. Salah penanganan saja, akibatnya akan fatal. Maka itu, ada hal-hal yang sebaiknya Anda pelajari agar tak salah penanganan dalam mengurus anak anjing yang menggemaskan itu.

1. Jaga kehangatan

Anak anjing yang baru lahir harus berada pada suhu 90 derajat celcius untuk menghangat tubuhnya. Anda tentu tidak harus memusingkannya, jika si induk berada di dekat bayi anjing. Bila tidak? Anda harus memikirkan cara terbaik untuk menghangatkan mereka. Mulailah dengan memberikan
alas lembut seperti handuk untuk menjaga kestabilan suhu. Alas tersebut juga penting agar kaki tangan atau kepala mereka tak terselip di jeruji kandang.

2. Kebersihan kandang harus diperhatikan

Anak anjing sangat rawan terhadap penyakit. Terutama saat masih berumur dibawah 4 bulan. Makanya kebersihan kandang sangat diperlukan. Bersihkan berbagai macam kotoran atau bekas makanan yang berpotensi mengundang semut. Kandang yang nyaman tentu sangay dibutuhkan mengingat anak anjing yang baru lahir akan tidur selama 16 sampai 18 jam dalam sehari. Semua itu dilakukannya dalam beberapa minggu pertama setelah hari kelahirannya.

www.anjingdijual.com

3. Anak anjing masih dalam kondisi buta

Anak anjing yang baru lahir, matanya dipastikan tak berfungsi dengan sempurna. Biasanya, mereka butuh waktu 2 hari atau satu minggu untuk membuka mata. Bila sedang beraktifitas di luar kandang, Anda harus terus-menerus membimbing mereka selama proses pematangan pertumbuhan. Namun pada masa ini, biarkan anak anjing terus menyusu pada induknya. Dan pantau induk anjing untuk terus berada di dekat anak-anaknya. Kemudian, jangan sesekali membuka matanya, karena mata anak anjing ini akan terbuka dengan sendirinya setelah proses pembentukan korneanya telah dianggap matang.

4. Berikan obat cacing dan ajarkan mereka makan

Anak anjing ini perlu diberi obat cacing. Supaya mereka tetap memiliki pencernaan sehat, terhindar dari penyakit dan menjaga nafsu makannya. Pemberian obat cacing bisa dilakukan pada usia 5-6 minggu, atau 1 minggu sebelum dilakukan vaksinasi. Bukan hanya itu, anak anjing juga harus diajarkan makan, bila tak ada asupan susu dari induknya. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan botol atau menuangkan susu lewat sendok ke dalam mulut mereka.

www.petlouge.com

5. Biasakan ke toilet sejak dini

Ini adalah permulaan yang baik mengajarkan mereka untuk pergi ke toilet sehingga mereka terbiasa nanti saat dewasa. Namun proses tersebut bisa dilakukan saat anak anjing cukup usia, sebab kalau sejak baru lahir sudah di bawa ke toilet, justru berbahaya. Sebelum memasuki usia di bulan ke-4, anak anjing masih sensitif dengan suhu dingin. Itu juga alasan mengapa mereka tak boleh dimandikan dulu.

Be the first to comment on "Hati-hati Tangani Perawatan Anak Anjing Baru Lahir"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*