Kucing Kampung Pun Terlihat Menggemaskan Dengan Cara ini

www.plimbi.com

MESKI tampak umum, kucing kampung ternyata bisa juga menjadi peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Hewan ini tentu mudah jinak dan penurut selama proses perawatan dan penanganannya dianggap benar. Ternyata, banyak juga keuntungan merawat kucing kampung, salah satunya adalah tidak terlalu rewel seperti kucing ras kebanyakan.

Perawatan kucing kampung bisa dikatakan sukes bila terlihat gemuk dan berbulu tebal. Begitu juga soal kebersihannya. Memandikan peliharaan ini secara rutin adalah salah satu solusi agar kucing Anda lebih elegan ketimbang kucing liar di jalan-jalan. Lalu, bagaimana cara merawat kucing kampung agar penampilannya tak kalah manis dari kucing ras?

www.kucingpedia.com

1. Perhatikan Makanannya

Berilah makanan yang memang bernutrisi agar kucing nampak gemuk. Berbeda dengan kucing varian lain yang memilah-milih makanan, kucing kampung tak terlalu repot kalau urusan satu ini. Ikan, adalah menjadi pilihan utama bagi mereka. Namun, perhatikan kandungan gizi dan proteinnya. Kebanyakan kucing kampung biasa mengunyah tulang belulang, namun bila Anda berniat memelihara ikan kampung, maka berikanlah dagingnya.

2. Minum susu

Konsumsi susu tak harus sering karena nanti dikhawatirkan kucing Anda malah mengalami gangguan pencernaan. Berikan susu secara rutin, misal seminggu 2 kali sehingga kucing terlihat lebih gemuk. Namun, selalu sediakan air minum di tempat pakan, sehingga saat mereka merasa haus, tahu kemana perginya. Tentunya, kebutuhan air yang cukup dapat menjaga kondisi kesehatan dan kebugaran kucing sehari-hari.

3. Mandikan kucing

Ini menjadi perhatian penting agar kucing kampung terlihat lebih segar dan bersih. Meski warna bulu dari kucing terlihat kusam dan gelap, dengan dimandikan secara teratur, penampakannya pasti terlihat lebih menarik. Kemudian, jangan terlalu ajarkan kucing Anda bermain ke tempat-tempat kotor karena ini malah membuatnya kian kucel. Meski begitu, sulit bagi Anda membatasi sifat liarnya karena kucing kampung lebih aktif ketimbang kucing ras.

4. Teliti dengan kesehatannya

Meski daya tahan tubuh kucing kampung tergolong kuat dan tak cengeng, namun kesehatan kucing tetap harus menjadi perhatian. Mereka umumnya sakit karena salah makan, seperti tikus, cicak dan binatang lainnya. Padahal, hewan-hewan tersebut belum tentu bersih dan sehat. Cara menyembuhkan kucing kampung pun cukup mudah, selain beristirahat, coba berikan mereka minum dari air kelapa muda/hijau 2-3 kali sehari saat kondisinya sedang tidak fit.

Salah satu keunikan kucing kampung adalah watak mereka yang cenderung sulit diatur. Namun bukan berarti kucing kampung tak bisa nurut atas instruksi Anda. Berikan nama kepada kucing dan biasakan memanggil mereka. Berikan makan bila mereka menyahut panggilan Anda. Ini salah satu cara efektif melatih kucing Anda.

www.theodysseyonline.com

Masalah lain dari kucing kampung adalah musim kawin. Bila Anda memelihara kucing betina, tinggal tunggu waktu akan banyak kucing kampung jantan menganggu tidur Anda di malam hari. Mereka akan berkelahi satu sama lain untuk berebut kawin dengan si betina. Sedangkan kalau kucing jantan, terkadang mereka akan pergi dalam waktu lama untuk mencari pasangannya. Terakhir, kucing kampung umumnya akan pergi meninggalkan rumah entah kemana saat mereka tahu kalau dirinya akan mati. Seolah-olah, kucing ini tak mau membuat pemiliknya bersedih hati.

Be the first to comment on "Kucing Kampung Pun Terlihat Menggemaskan Dengan Cara ini"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*