Mau Kucing Gemuk dan Berbulu Lebat? Cukup Ikuti 4 Tips ini

www.binatangpeliharaan.com

MELIHAT kucing dengan tubuh gempal tentu menjadi daya tarik tersendiri. Para pencinta hewan peliharaan tersebut tentu ingin menjadikan kucingnya gemuk, apalagi kalau bulu-bulunya lebat. Pasti semakin lucu dan menggemaskan, bukan?

Menjadikan kucing sehat memang tak semudah apa yang dipikirkan. Sebagian orang memberikan banyak makan ke kucingnya agar berat badannya bisa naik cepat. Tapi, tanpa program yang baik, kucing malah akan sakit. Supaya tidak asal-asalan memberikan asupan makan, sejumlah tips ini bisa jadi solusi.

1. Tingkatkan dulu nafsu makan kucing

Langkah awal dalam program membuat kucing Anda gemuk adalah menambah nafsu makan mereka. Misal, dengan memberikan asupan bervariasi seperti produk olahan dan ikan/daging rebus pada jam-jam tertentu. Namun berikan makanan ini secara bertahap, tidak sekaligus dalam porsi besar. Makan dengan intensitas sering akan lebih baik, pelan-pelan kucing akan terbiasa makan banyak.

www.kunucats.com

2. Berikan makanan bergizi dan kaya kandungan protein

Tahap berikut ini menjadi kunci sukses kucing Anda gemuk. Makanan tinggi protein ini bisa diperoleh dari ikan atau bagian daging dada ayam yang sudah direbus agar lebih higienis. Dalam waktu 2-3 kali per minggu, campurkan juga kuning telur yang sudah masak dalam pakan peliharaan Anda. Bila ingin memberikan dryfood, jadikan makanan tersebut sebagai camilan saja. Tapi, pilihlah yang kaya akan protein.

3. Tambahkan asupan vitamin dan jangan lupa vaksin

Vitamin juga memegang peranan utama dalam membuat tubuh kucing terlihat gempal. Misal saja, minyak ikan dengan cara mencampurkan ke dalam bahan makanan atau dioles ke mulut kucing. Fungsi lain dari vitamin antara lain membuat bulu kucing Anda lebih lebat dan sehat. Tapi ingat, jangan terlalu banyak serta berlebihan dalam memberikan vitamin, sebab akibatnya bulu kucing justru akan rontok.

Kalau vaksin sendiri memang diperlukan agar kucing Anda selalu sehat. Kebugaran hewan ini sangat berpengaruh dengan nafsu makan kucing. Jadi, bila sedang program memggemukan badan, pastikan kucing dalam kondisi sehat.

www.kucingpedia.com

4. Jaga mood kucing

Sama halnya manusia, saat suasana hatinya sedang buruk, atau stres, berat badan bukannya naik, malah turun drastis. Makanya, kucing juga harus dijaga kesenangannya seperi mengajak kucing bermain di luar kandang. Setelah itu, berikan mereka makan atau camilan. Fungsinya agar kucing tak merasa kehabisan energi setelah bermain-main dengan Anda.

Kemudian, tempatkan kucing Anda di ruangan sejuk. Dengan suhu udara rendah, kucing akan lebih sering merasa lapar dan senang bersantai-santai. Misal menggunakan AC (Air Conditioner). Ini juga berpengaruh terhadap kesehatan bulu kucing supaya terhindar dari jamur yang malah merusak keanggunan mereka.

Be the first to comment on "Mau Kucing Gemuk dan Berbulu Lebat? Cukup Ikuti 4 Tips ini"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*