Baca ini Bila Kucing Anda Tak Mau Makan

www.kucingpedia.com

BILA tubuh kucing makin lama kian bertambah kurus dan sering lemas, bisa jadi itu merupakan gejala awal terkena penyakit. Karena itu, Anda harus berhat-hati. Meski, banyak hal yang menyebakan kucing Anda menolak asupan hariannya tersebut. Pertanyaan pertama, apakah kucing Anda sakit? Sebab, hewan ini dikenal rentan terkena penyakit.

Namun, kehilangan nafsu makan bisa juga karena faktor luar, semisal mereka bosan dengan menu makanan yang diberikan. Solusi atas masalah ini adalah mencoba variasi pakan lain, semisal dari produk olahan menjadi ikan atau daging ayam rebus. Cara ini tentu akan menggairahkan kembali hasrat kucing untuk menyantap sajian tersebut.

Bisa jadi juga karena stress. Bila berada di satu tempat baru, sebagian kucing membutuhkan proses adaptasi sehingga mereka enggan untuk makan. Begitu juga ketika sedang memasuki masa kawin. Birahi kucing bisa menekan nafsu makan mereka, apalagi kalau tidak ada pasangannya, ini tentu sangat menganggu mood dari peliharaan Anda.

Itu kalau faktor dari luar, sedangkan bagaimana bila kucing Anda sakit. Langkah awal yang harus Anda ketahui adalah mendeteksi penyakit mereka. Sebelum memberikan konsumsi obat, coba terlebih dahulu memberikan kucing Anda vitamin. Caranya dengan menempelkannya di mulut atau mencampurkannya dengan pakan lembut dan disuntikan ke mulutnya.

www.petlouge.com

Cara ini sama juga Anda menyuapi kucing. Namun, perlu diingat kalau makanan yang disiapkan harus empuk dan tak perlu lagi dikunyah oleh kucing Anda. Bila ini masih sulit dilakukan, dengan bantuan atau arahan ahli, Anda bisa melakukan tube feeding, artinya memberikan makan ke dalam perut melalui selang. Ini hanya untuk kondisi darurat.

Masalah lain berkurangnya nafsu makan kucing adalah luka di mulutnya. Untuk itu, coba periksa dan teliti persoalan satu ini. Bila betul ada gangguan, maka segera berikan obat kucing Anda, bisa diperoleh di petshop. Tapi, jika tak ada masalah di mulutnya, bisa jadi ini merupakan masalah pada sistem pencernaanya. Untuk kondisi ini, sebaiknya Anda membawa kucing ke dokter hewan.

Dalam memelihara kucing, Anda memang tak boleh gegabah, apalagi melakukan penanganan sendiri tanpa dampingan orang yang lebih paham. Sebab, kondisi tersebut dikhawatirkan membuat kucing Anda semakin parah. Untuk kasus tertentu, sebaiknya memang Anda membawa kucing ke doker hewan agar tindakan yang diberikan dokter terhadap kucing lebih aman dan tepat sasaran.

Be the first to comment on "Baca ini Bila Kucing Anda Tak Mau Makan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*