Begini Cara Tepat Merawat Kucing Baru Lahir

www.adventurecats.org

MENJAGA kucing yang baru lahir tanpa induk memang tak mudah. Berbeda sebaliknya, Anda tak perlu repot jika induk kucing ada di dekat bayi-bayinya. Banyak yang harus Anda persiapkan untum memelihara kucing kecil tersebut, mulai dari tempat khusus sampai soal makan dan susu bayi kucing ini.

www.id.aliexpress.com

Pertama, masalah suhu kandang atau ruangan

Bayi kucing baru lahir tak bisa menghasilkan panas untuk tubuhnya sendiri. Bila ada induknya, maka bayi-bayi kucing ini hanya perlu berada di dalam dekapan sang ibu. Solusi untuk masalah ini adalah, memberikan kandang atau tempat khusus untuk kucing-kucing mungil ini. Namun, siapkan alas khusus seperti handuk atau selimut. Kemudian, hangatkan mereka dengan memasang lampu bohlam di atas kandang kucing. Atur juga jarak lampunya, jangan sampai terlalu panas. Cukup hangat.

Kedua, gunting plasenta kucing

Anda harus bisa membersihkan sisa plasenta yang terdapat di perut anak kucing yang baru lahir. Hal ini dilakukan agar badan anak kucing tetap bersih dan tidak menimbulkan bau tidak sedap dari darah bekas proses persalinan sang induk. Namun, saat melakukan tindakan ini, Anda harus menjaga kebersihan terlebih dahulu agar bayi-bayi ini tetap steril. Sisa plasenta ini bisa berbahaya bagi kucing kecil karena akan mempengaruhi pernafasan mereka.

Ketiga, berikan asupan susu formula

Lantaran tidak ada sang induk, anak kucing harus tetap diberikan susu agar mereka bisa bertahan hidup. Namun ingat, jangan asal memberikan susu karena kandungan laktosa pada susu manusia dapat merusak saluran pencernaan kucing kecil. Anda bisa mendapatkan susu khusus bayi kucing di petshop. Kemudian, karena kucing baru lahir belum mampu makan dan minum sendiri, menjadi tugas Anda menyuapi mereka. Cukup siapka  pipet kecil atau suntikan (tanpa jarum) yang diarahkan langsung ke mulut mereka. Berikan terus sampai mereka merasa kenyang dan menolak meminumnya lagi.

Keempat, ajarkan kucing makan

Saat pemberian susu formula saja, mulai tak lagi cukup penuhi nutrisi kucing Anda, maka kini waktunya ajari mereka makan. Cobalah berikan makanan basah untuk kucing Anda, ini bisa didapatkan di petshop. Mula-mula berikan sedikit-sedikit dulu, jangan terlalu banyak. Jika si kucing kecil Anda suka dan buang airnya telah lancar berarti makanan tersebut cocok dimakan mereka. Untuk pemberian makan, tak perlu seperti susu yang harus lewat proses penyuapan. Saat memasuki usia siap makan, mereka sudah bisa menyantapnya sendiri.

Kelima, didik mereka buang air

Selain merawatnya dengan memberikan makan dan susu, anak kucing sejak dini harus mendapatkan pendidikan dan pelatihan. Siapkan saja boks kotoran untuk mereka. Angkat bayi-bayi kucing ini ke dalam boks saat mulai memperlihatkan tanda-tanda ingin buang air. Tapi ingat, selalu bersihkan kotoran mereka di boks tersebut karena ini berkaitan dengan kesehatan bayi-bayi kucing ini.

www.papasemar.com

Leave a comment

Your email address will not be published.


*