Cara Cepat ini Bantu Anda Latih Anak Anjing Lebih Efektif

www.okdogy.com

TERLEPAS dari sifat bawaanya yang terkadang rewel, anjing adalah binatang yang cerdas. Buktinya, kepolisian di berbagai negara menggunakan hewan tersebut untuk melacak narkoba dan bahan peledak. Namun, menjadikan anjing patuh terhadap instruksi dan perintah Anda, mereka harus mendapat perhatian serta pelatihan sejak kecil.

Hal paling pertama yang harus Anda ketahui adalah bersikap tegas terhadap Anjing. Secara naluri, hewan tersebut akan menganggap Anda sebagi pemimpinnya. Bentuk latihan lain yang bagus adalah mengusap-usap perutnya sewaktu dia sedang terlentang, karena hal ini menempatkannya dalam posisi sebagai bawahan. Bila anjing nakal, padahal sudah ditegur, coba tinggalkan anjing tersebut. Ini menjadi teguran keras bagi mereka karena merasa diacuhkan.

Mendidik serta melatih anjing, patut dilakukan sejak kecil. Caranya, berikan perintah sederhana dengan satu kata saja. Setelah mereka mulai paham, pelan-pelan tambahkan instruksi lainnya. Kemudian, peragakan apa yang Anda maksud. Bila mereka mengikuti mau Anda maka berikan pujian. Harus diingat, nada-nada Anda harus berbeda, bila perintah harus tegas dan pujian harus lembut serta penuh kehangatan.

Selain soal pujian, Anda juga bisa memberikan mereka imbalan atas kepatuhannya. Misal seperti camilan atau usapan lembut ke bagian tubuh mereka. Semakin sering anak anjing bersikap manis dan menuruti kemauan Anda, maka semakin sering juga Anda memberikan imbalan tersebut. Dengan begitu, anjing akan mengerti dengan sendirinya.

www.petlouge.com

Dalam melatih anjing kecil, umumnya bisa dimulai dengan mengajarkan mereka buang air pada usia yang cukup, minimal 8 minggu. Kunci keberhasilan pelatihan ini adalah pengurungan, pelatihan, penjadwalan, dan pujian. Anjing biasanya tidak suka mengotori tempat ia tidur. Karena itu, kurunglah anak anjing Anda jika tidak sedang diawasi.

Perlu juga untuk mengenali jadwal mereka buang air. Saat anjing melihatkan tanda-tanda tersebut, maka tunjukkan tempat dimana mereka boleh buang air. Jika tak juga paham, maka bawa anjing ke tempat dimana seharusnya mereka bisa buang air. Namun, ketika mereka menuruti kemauan Anda, maka berikan pujian. Sebaliknya, bila mereka buang air di tempat yang dilarang, maka marahilah anjing.

Terakhir adalah kesabaran. Ini adalah salah satu faktor pendukung yang utama ketika Anda ingin melatih anak anjing. Sebab, mula-mula perlu dibagun terlebih dahulu antara Anda dengan anjing. Memang tak mudah, apalagi mereka belum terbiasa menerima perintah dari Anda. Namun, dengan kesabaran dan instruksi terus menerus, pelan-pelan anak anjing akan belajar.

Be the first to comment on "Cara Cepat ini Bantu Anda Latih Anak Anjing Lebih Efektif"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*