Sederhana! 4 Tips ini Ajarkan Anda Jadi Pengasuh Kucing Jempolan

www.kucingpedia.com

BERBEDA halnya antara memelihara kucing liar dan kucing rumahan. Meski dari golongan kucing kampung, bukan berarti tak layak mendapat perhatian dan perawatan terbaik. Kalau kucing liar, Anda tak perlu repot-repot melakukan pemeliharaan, cukup buang sisa makanan Anda di dekat rumah, dengan sendirinya, itu menjadi magnet bagi mereka agar mau dipelihara. Namun kucing rumahan, bagaimana menjaga dan memeliharannya?

1. Siapkan fasilitas pemeliharaan kucing

Bila berniat memelihara kucing, maka siapkan berbagai fasilitas untuk mereka. Seperti kandang dan tempat makannya. Tempat khusus untuk kucing memang diperlukan, kalau bisa berikan juga kenyamanan dengan  menempatkan alas yang empuk untuk mereka. Selain kandang, hewan peliharaan juga harus mempunyai kotak makan, ditambah boks kotoran. Dengan begitu, mereka dibiasakan tertib dan disiplin saat hendak makan dan buang air.

www.papasemar.com

2. Jaga kebersihan kandang dan sekitarnya

Meski Anda telah menyiapkan fasilitas tersebut, maka kewajiban dalam memelihara kucing sudah tuntas. Boks kotoran kucing harus dibersihkan setiap hari. Misal dengan cara membuang kotoran mereka dan mencuci pasir saat tercium bau tak sedap. Begitu juga tempat makan selalu dicuci bersih tiap kali Anda memberikan pakan basah. Tujuannya agar bekas makanan tersebut tidak dipenuhi semut. Terakhir, jangan lupa cuci alas kucing di kandangnya agar peliharaan Anda tak rentan terserang virus penyakit.

3. Berikan pelatihan sederhana

Keseharian kucing tentu akan merepotkan bila mereka tak terbiasa dengan instruksi-instruksi kecil. Maka itu, mulailah melatih hewan Anda seperti, tidur di dalam kandang, bukan di sofa rumah atau di kasur kamar. Lalu buang ait di boks kotoran, bukannya di lantai dan di sembarang tempat lainnya. Begitu juga makan. Kucing harus tau kalau tempat makan merupakan wadah pakannya. Jangan sampai kucing Anda nakal dan mencuri ikan atau daging di dapur. Salah satu pelatihan untuk kucing adalah mandi. Mereka harus dibiasakan tak alergi dengan air supaya saat badan-badannya kotor, kucing mau dimandikan.

www.kucingmu.com

4. Pastikan kucing dalam kondisi sehat

Bawalah kucing Anda ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan secara rutin. Tak harus setiap pekan atau bulanan, cukup satu tahun sekali. Hal ini akan membantu pendeteksian penyakit pada kucing sebelum kondisinya menjadi semakin parah. Dengan begitu, dokter hewan akan merekomendasikan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendeteksi jenis penyakit peliharaan Anda. Saat berkonsultasi dengan dokter, setidaknya Anda akan banyak tahu seperti apa merawat kucing agar tetap sehat, gemuk dan berbulu lebat sehingga tampak lucu dan menggemaskan.

Be the first to comment on "Sederhana! 4 Tips ini Ajarkan Anda Jadi Pengasuh Kucing Jempolan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*