Karena Kucing Rumah Anda Bau? Ini Solusinya

www.papasemar.com

KUCING merupakan salah satu hewan peliharaan yang mengasyikan. Bahkan, sebagian pengasuh binatang ini menempatkan kucingnya di dalam rumah, dan dibiarkan tidur di sofa tamu, bahkan kasur di kamar, lantaran menganggap kucing sebagai bagian dari keluarganya.

Meski begitu, kebersihan rumah tentu harus dijaga. Jangan sampai keputusan memelihara kucing di dalam rumah malah menganggu suasana, terutama bau kotorannya. Untuk itu, perlu kiat khusus bagi Anda yang berniat memelihara kucing rumahan tanpa harus terganggu dengan bau pesing atau bau menyengat dari kotoran kucing.

  1. Gunakan boks pasir

Kucing harus dibiasakan buang air di boks tersebut. Bila tidak, maka mereka bisa sembarangan membuang kotoran atau kecing di rumah. Ini harus dihindari, sebab selain sulit untuk dibersihkan, sisa-sisa kotoran yang menempel ini malah mengundang penyakit ke rumah. Karena itu, mulai fasilitasi kucing Anda dengan boks pasir.

  1. Angkat kotoran kucing

Ini harus menjadi jadwal rutin Anda bila ingin memelihara kucing. Biasanya mereka buang air setelah makan. Jadi, sehabis mereka makan, jika kucing belum terbiasa buang air di boks pasir, maka ajaklah mereka ketempat tersebut. Tak perlu merasa jijik karena kotoran kucing di boks pasir tak terlalu merepotkan, kecuali kotorannya cair. Maka itu, jangan lupa untuk membersihkan pasirnya juga.

  1. Bersihkan boks pasir

Dalam kurun waktu 2 – 3 hari sekali, sebaiknya cuci boks pasir beserta pasir di dalamnya. Meski Anda rajin mengangkat kotoran mereka, belum tentu sisa-sisanya ikut terangkat bersih. Begitu juga bekas air kencingnya yang menempel dan menyebabkan bau pesing. Jadi, cucilah pasir dan satu minggu sekali tambahkan pasir baru, dan buang pasir lama di bagian atasnya saja. Bisa juga ditambah dengan pengharum pasir supaya aromanya tak menyengat.

  1. Tempatkan boks pasir di ruangan terbuka

Letakan saja boks pasir ini di ruangan terbuka atau jauh dari lalu lalang penghuni rumah. Dengan begitu, bau tak sedap yang menempel tak terlalu menjadi masalah. Sedangkan, bila Anda terpaksa harus menempatkan boks pasir di dalam rumah, maka perhatikan sirkulasi udarannya. Misal harus terdapat ventilasi atau Anda perlu menggunakan exhaust van. Air purifiers di rumah juga bisa menjadi solusi masalah ini.

  1. Perhatikan pakan kucing

Bila kucing makan sembarang, jangan heran kalau bau kotorannya menganggu Anda. Jadi, mulailah perhatikan pemberian makanan yang baik, sehat dan tak menyebabkan kotoran kucing berbau pekat. Anda bisa membelinya di petshop sambil bertanya-tanya, pakan apa yang baik untuk kucing Anda di sana.

Be the first to comment on "Karena Kucing Rumah Anda Bau? Ini Solusinya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*