Kutu Anjing Bermasalah? Begini Cara Atasinya

www.jitunews.com

KUTU anjing penyakit umum yang terjadi pada anjing. Bila anjing Anda terjangkit kutu, mereka bisa terjangkit alergi hingga cacing pita. Biasanya, kutu hinggap di hewan peliharaan Anda bila cuaca dengan panas. Ciri-ciri njing yang terdapat kutu adalah, sering kali hewan Anda menggaruk tubuh secara berlebihan sehingga menyebabkan luka atau koreng. Ini juga berakibat rontoknya bulu anjing Anda.

Persoalan kutu anjing ini biasanya bermula karena karpet rumah yang kotor. Karena itu, Anda sebaiknya rajin membersihkan karpet atau menggantinya bila peliharaan Anda hobi tidur-tiduran di atasnya. Bisa juga mengganti karpet dalam kurun waktu tertentu secara rutin, jangan sudah lama belum juga diganti-ganti. Belum lagi kalau anjing Anda sering kali melakukan aktivitas di luar ruangan.

Namun, kalau terlanjur anjing Anda dijangkiti kutu, maka Anda perlu tahu solusinya. Berikut sejumlah tips yang perlu Anda ketahui agar anjing Anda tak terjangkit kutu.

www.kembangpete.com

Gunakan shampo anjing saat memandikannya

Berikanlah sampo pada anjing peliharaan Anda saat mandi. Namun, pakailah shampo yang berguna untuk membunuh kutu anjing. Saat menyampokan anjing, bersihkan dengan cermat dan usahakan agar bekas shampo menjangkau seluruh tubuh anjing dan tak langsung dibilas. Tunggu selama 10 menit terlebih dahulu, baru bilas shamponya.

Cobalah pakai obat kutu tablet

Pengobatan kutu pada anjing peliharaan Anda, bisa juga dengan menggunakan obat tablet, berikanlah dengan meminumkannya lewat mulut. Anda dapat membelinya di klinik hewan. Ketimbang shampo, penggunaan tablet terbukti lebih ampuh karena bisa membasmi kutu dalam waktu cepat, kira-kira 24 jam saja, kutu sudah pergi dari tubuh anjing Anda.

Metode pengobatan alami cukup efektif

Beberapa orang menggunakan cara yang alami yaitu dengan menggunakan bawang putih atau ragi pembuat bir. Katanya, bau dari rempah-rempah ini dapat menghasilkan bau yang dibenci oleh kutu anjing. Cara alami lainnya adalah dengan sisir kutu, caranya anda hanya dengan menyisir bulu anjing Anda dengan menggunakan sisir khusus.

www.wikipedia.com

Beberapa contoh cara menghilangkan kutu anjing di atas dapat Anda lakukan jika anjing anda terindikasi terdapat kutu anjing di tubuhnya. Namun, lebih baik Anda mencegahnya dengan sering memandikan anjing, terutama bagi mereka yang sering memiliki aktivitas diluar ruangan. Karena biasanya kutu anjing akan menempel di tubuhnyba ketika anjing berada di alam terbuka. Memandikan anjing juga penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihannya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*