[Kata Dokter] Memanfaatkan Lumbricine Untuk Kesehatan Kucing

Apa itu lumbricine?. Lumbricine berasal dari nama ilmiah yang artinya cacing tanah. Pasti membayangkannya saja sudah merasa jijik, tapi binatang yang satu ini memiliki segudang manfaat yang luar biasa. Bahkan saat ini banyak yang mengembangkan pemanfaatan bahan alami sebagai pengobatan alternatif seperti dari tanaman maupun hewan salah satunya cacing tanah. Cacing tanah (Lumbricus) memiliki beberapa spesies yang sering dimanfaatkan ekstrak yaitu Lumbricus rubellus, Eisenia foetida, Pheretima asiatica dan Eudrilus eugeuniae yang pada umunya dijadikan dalam bentuk ekstrak. Tidak terkecuali pemanfaatanya untuk kesehatan kucing.

Tahukah kamu bahwa, ternyata Lumbricus ini menghasilkan enzim fibrinolitik (lumbrokinase), lumbrofebrin, Lumbricin I, peroksidase, katalase, dan selulose. Enzim fibrinolitik berfungsi sebagai proses pemecahan fibrin dan fibrinogen yang berperan sebagai antitrombotik. Apa itu antitrombotik? Antitrombotik merupakan senyawa yang dapat mencegah kejadian trombosis yaitu proses koagulasi (penggumpalan) dalam pembuluh darah yang berlebihan sehingga dapat menghambat aliran darah, atau bahkan menghentikan aliran tersebut. Fungsi sebagai antitrombotik tersebut dikarenakan sebagian kecil enzim ini terdapat asam aspartat dan lisin. Hal ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah apabila ditemukan trombosis. Sehingga dapat diterapkan pada pencegahan penyakit sekunder akibat trombosis pada kucing.

Selain itu, enzim yang lain seperti enzim lumbricin I berperan sebagai antimikroba. Berdasarkan penelitian sebelumnya, diketahui bahwa cacing tanah mengandung protein yang sangat tinggi sekitar 65-84,5%. Protein tersebut berperan sebagai antibakteri yang mekanismenya berbeda dengan antibiotik yaitu dengan cara membuat pori di dinding sel pada bakteri positif maupun negatif sehingga mengganggu aktivitas dalam sel dan menyebabkan kematian bakteri. Bakteri yang dapat dihambat oleh enzim ini yaitu Salmonella typhimurium, E. coli, S. aureus, Bacillus cereus dan Listeria monocytogenes. Dengan cara inilah bakteri menjadi lebih susah untuk menjadi resisten. Sehingga hewan kesayangan kita dapat tercegah dari infeksi akibat bakteri berbahaya.

Sederhana! cara merawat kucing ketika demam

Tidak hanya itu, cacing tanah diketahui pula mengandung senyawa polifenol yang berperan sebagai antioksidan, antiradang bahkan antikanker. Antioksidan merupakan senyawa yang menghambat rekasi oksidasi dengan mengikat radikal bebas. Tanpa disadari kucing juga dapat terpapar radikal. Radikal bebas tersebut terbentuk akibat metabolisme sel normal, peradangan, pengaruh luar tubuh seperti polusi disekitar tempat tinggal kucing. Asupan antioksidan yang cukup, mampu melindungi kucing dari dampak buruk meningkatnya radikal bebas dalam tubuhnya. Sehingga dapat memberikan pengaruh meningkatkan status imunologis si kucing.

Ditulis Oleh:

Sri Wariska

Fakultas Kedokteran Hewan

Institut Pertanian Bogor

Be the first to comment on "[Kata Dokter] Memanfaatkan Lumbricine Untuk Kesehatan Kucing"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*