[Kata Dokter] Ternyata Anjing & Kucing Butuh Asupan Mineral

Mineral merupakan zat gizi essensial yang dibutuhkan oleh tubuh baik untuk memelihara kesehatan, pertumbuhan dan reproduksi. Mineral ini tidak dapat disintesis atau dihasilkan oleh tubuh hewan sehingga membutuhkan asupan mineral dari luar. Sumber mineral pada kucing maupun anjing, didapatkan dari ikan, daging, dan  telur yang biasa diberikan pada hewan tersebut. Oleh karena anjing dan kucing adalah hewan peliharaan, maka kebutuhan mineral tergantung oleh pemiliknya. Mineral merupakan zat gizi essensial yang dibutuhkan oleh tubuh baik untuk memelihara kesehatan, pertumbuhan dan reproduksi. Mineral ini tidak dapat disintesis atau dihasilkan oleh tubuh hewan sehingga membutuhkan asupan mineral dari luar.

Penting! Cara mengatasi kutu anjing

Sumber mineral pada kucing maupun anjing, didapatkan dari ikan, daging, dan  telur yang biasa diberikan pada hewan tersebut. Oleh karena anjing dan kucing adalah hewan peliharaan, maka kebutuhan mineral tergantung oleh pemiliknya. Mineral memang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, namun apabila terjadi kekurangan mineral maka dapat menyebabkan ketidak seimbangan metabolisme dalam tubuh. Mineral tidak mengalami pencernaan di dalam saluran pencernaan, namun proses pencernaan tersebut makanan akan membebaskan mineral makro dari mineral sehingga dapat diserap oleh usus halus dan masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, faktor-faktor yang mempengaruhi proses pencernaan makanan akan mempengaruhi jumlah vitamin dan mineral yang dapat diserap oleh tubuh. Kebutuhan mineral pada anjing maupun kucing berbeda, hal tersebut tergantung dengan ukuran, usia, kondisi fisiologis masing-masing hewan. Berdasarkan Beitz et al (2006), berikut merupakan kandungan mineral yang dibutuhkan anjing dan kucing :

Selain mineral bisa didapatkan dari daging, ikan dan telur, didapatkan dari susu.  merupakan makanan alami satu-satunya bagi makhluk menyusui yang baru dilahirkan. Kandungan susu pada anjing dan kucingpun berbeda mengingat kucing memiliki lactose intolerant karena tidak memiliki laktase untuk memecah laktosa. Berbeda dengan kucing,  anjing hanya beberapa yang intolerant terhadap laktosa. Walaupun demikian, tetap membutuhkan hanya sedikit.  Berikut perbedaan kandungan susu yang dibutuhkan anjing dan kucing :

Leave a comment

Your email address will not be published.


*