Memilih Anjing Penjaga Rumah Minimalisir Tindak Kejahatan

Banyaknya kasus pencurian tentu membuat kita tidak nyaman dan resah terutama pada malam hari. Bukan hanya harta saja yang menjadi target para pencuri melainkan keselamatan penghuni rumah pun bisa terancam. Tidak sedikit orang yang meningkatkan keamanan rumahnya dengan memasang kamera CCTV ditambah dengan program ronda masyarakat. Namun meski sudah terpasang kamera CCTV serta adanya program ronda tetap saja kasus pencurian mungkin saja terjadi. Perlu diketahui bahwa pencuri itu bukanlah orang bodoh, mereka cukup jeli dan pintar melihat situasi. Oleh sebab itu, salah satu solusi yang bisa anda gunakan adalah memilih anjing penjaga rumah.

Apakah anjing penjaga dapat dipercaya untuk keamanan rumah? Tentu saja, pencuri setidaknya akan berpikir dua kali untuk masuk ke rumah anda. Kehadiran anjing penjaga dapat dibilang mampu mengintimidasi pencuri sehingga tindak kejahatan tidak terjadi. Apalagi jika anjing penjaga sudah terlatih dengan baik, anjing penjaga mampu melawan hingga membuat pencuri terkapar.

Mendengar kata anjing penjaga mungkin kita akan membayangkan sosok anjing yang kuat, besar dan menyeramkan. Namun perlu diketahui bahwa bukan hanya penampilan atau serangan saja yang menjadi modal utama anjing penjaga, melainkan gonggongannya. Gonggongan seekor anjing lebih efektif karena bisa membangunkan penghuni rumah serta tetangga sehingga pencuri atau perampok akan sangat terganggu. Selain itu, anjing cenderung akan menggonggong jika melihat hal-hal mencurigakan pada malam hari.

Terdapat banyak ras anjing yang dapat dipilih untuk menjaga rumah kesayangan anda dari para pencuri atau perampok. Berikut ini adalah beberapa pilihannya :

German Shepherd Dog

Memilih Anjing Penjaga Rumah
Anjing penjaga ini memiliki penglihatan tajam serta kesetiaan yang sangat tinggi terhadap pemiliknya. German Shepherd Dog lebih suka menyendiri namun akan sangat bersungguh-sungguh ketika mengerjakan misi menjaga rumah sehingga cenderung lebih agresif terhadap anjing lain dan orang asing, kecuali hewan peliharaan lain.

Chow Chow


Anjing penjanga Chow Chow sempat diragukan kemampuannya dalam menjaga rumah karena tampilannya yang lebih menggemaskan daripada anjing penjaga lain pada umumnya. Namun jangan salah, Chow Chow adalah salah satu ras anjing yang pernah dipercaya untuk menjaga istana besar di Asia. Anjing penjaga berekspresi wajah cemberut ini memiliki sifat cukup keras kepala dan independen. Selain itu, Chow Chow sangat protektif dan sedikit tempramental sehingga cukup agresif terhadap anjing lain dan orang asing.

Doberman Pinscher


Doberman Pinscher memiliki tubuh proporsional dan berotot sehingga tampak menyeramkan bagi siapapun yang akan memasuki rumah anda. Anjing penjaga bertubuh atletis ini sangat responsif serta sensitif terutama hal-hal yang berkaitan dengan pemiliknya sehingga lebih agresif terhadap anjing lain dan orang asing yang mendekati. Bisa dibilang Doberman Pinscher adalah anjing penjaga lengkap karena memiliki kekuatan dan tingkat kecerdasan cukup tinggi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*