Mengapa Anjing Bisa Keracunan? Begini Mengobatinya

Tahukah kamu? Sering membiarkan anjing berkeliaran bebas di sekitar rumah itu bisa meningkatkan resiko anjing mengalami keracunan. Mengapa? Alasan yang pertama bisa jadi karena anjing melakukan kontak dengan tumbuhan atau serangga yang mengandung racun. Anjing adalah hewan dengan rasa ingin tahu dan daya jelajah yang tinggi. Dengan seringnya dia bermain di lingkungan yang lepas dari pengawasan kita, maka semakin rentan juga ia terkontaminasi racun dari organisme lain.

Selain karena kontaminasi hewan dan tumbuhan, anjing yang sering jalan jalan tanpa pengawasan bisa juga memakan sampah atau makanan beracun di sekitar kita. Ini bisa saja terjadi ketika kita terlambat memberikan makan. Dengan terpaksa akhirnya anjing kita mencari makanan seadanya. Dan jadi bahaya ketika makanan yang dimakan tersebut beracun.

Ada beberapa ciri umum yang bisa kita jadikan acuan untuk menentukan apakah anjing kita keracunan, diantaranya:

  1. Lidah serta gusi yang berwarna gelap. Umumnya lidah dan gusi anjing berwarna cerah. Apabila kita periksa lidah dan gusinya sudah berwarna hitam, maka kita harus curiga anjing sudah keracunan.
  2. Detak jantung lebih dari 180/menit. Terkena racun membuat jantung anjing bekerja jauh lebih cepat dari biasanya. Kita bisa mengecek dengan meletakkan tangan kita di dada sebelah kiri, dekat dengan lengan sebelah kirinya.
  3. Suhu tubuh diatas 40 derajat. Cek dengan menggunakan termometer, apabila anjing dalam kondisi tidak habis melakukan aktifitas fisik, tapi suhu tubuhnya panas, maka kita patut curiga
  4. Gerakan aneh seperti sempoyongan. Keracunan dapat membuat tubuh anjing lemas hingga membuat jalannya seperti sempoyongan.
  5. Muntah dan Diare. Anjing sehat tidak pernah sekalipun mengalami muntah atau diare. Apabila ini terjadi, maka hampir bisa dipastikan ada yangtidakberes dengan pencernaannya.
  6. Terengah engah selama lebih dari 30 menit diikuti dengan suara merintih
  7. Tidak mau makan dan kehilangan nafsu makan secara tiba tiba

Pertolongan Pertama Saat Anjing Keracunan

Saat sudah yakin bahwa anjing kita mengalami keracunan, maka ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memberikan pertolongan kepadanya. Diantaranya:

  1. Menguras perut anjing dengan membuatnya terus memuntahkan makanan terakhir
  2. Bawa anjing ke udara terbuka
  3. Memberikan norit dengan dosis sesuai dengan ukuran tubuh anjing
  4. Membiarkannya puasa dengan dibantu dengan suplemen herbal untuk memenuhi nutrisinya
  5. Bawa ke dokter bila sakitnya semakin parah

Pesan ini dipersembahkan Oleh:

SJ Herbafit Multivitamin Herbal untuk Anjing

Leave a comment

Your email address will not be published.


*