Tips Mencegah dan Obat Tradisional Anjing Berak Darah

Salah satu penyakit yang sering menimpa anjing saat usia muda yaitu Parvovirus atau berak darah. Kebanyakan orang pada umumnya sangat takut jika penyakit ini menimpa anjing kesayangan. Pasalnya sudah terdapat banyak artikel yang membahas mengenai parvovirus di internet hingga diagnosis dokter hewan yang menyatakan bahwa penyakit ini tergolong sangat mematikan. Tidak heran jika pemilik hewan mencari berbagai informasi seputar obat tradisional anjing berak darah hingga obat terbaru.

Gejala anjing yang terjangkit Parvovirus bisa kita identifikasi karena terlihat cukup jelas. Diantaranya yaitu anjing suka muntah dan diare terus menerus, feses yang dikeluarkan encer disertai darah, tidak memiliki nafsu makan, hidung pecah-pecah karena kering, kondisi anjing lemas, dan demam. Perlu diketahui bahwa jika anjing peliharaan anda sudah berada pada tahap berak darah maka sebaiknya anda lebih memperhatikan kesehatan anjing. Pasalnya berak darah pada anjing menandakan bahwa beberapa sistem dalam tubuh anjing sudah terserang parvovirus.

Baca Juga! Obat Anjing Berak Darah

Lalu apakah ada obat tradisional anjing berak darah yang ampuh? Sebenarnya terdapat beberapa obat tradisional yang bisa membantu mengobati parvovirus. Salah satunya adalah dengan menggunakan air kelapa hijau muda. Mengapa air kelapa hijau muda? Karena memiliki kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan jantung. Jika kasusnya pada hewan peliharaan seperti anjing, maka dengan air kelapa ini jantung anjing akan lebih kebal terhadap parvovirus, distemper, dan racun lainnya. Terlepas dari itu, ada juga obat tradisional anjing berak darah yang ditemukan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), I Gusti Aguagung Suartini dari Program Doktoral Fakultas Kedokteran Hewan, berhasil menemukan bahwa parvovirus dapat diobat dengan memanfaatkan antibodi yang berasal dari kuning telur.

Mencegah tentu saja lebih baik daripada mengobati, oleh sebab itu langkah-langkah pencegahan agar anjing tidak terjangkit parvovirus tidak kalah pentingnya. Berikut ini cara mencegah parvovirus :

Vaksin

Anjing yang sudah diberikan vaksin tentunya akan sehat dan lebih kebal terhadap serangan penyakit termasuk parvovirus. Kebanyakan anjing yang terkena parvovirus adalah anjing yang belum pernah divaksinasi.

Kontak Dengan Anjing Lain

Jika anda memiliki anjing peliharaan dengan umur dibawah 3 bulan sebaiknya jangan biarkan melakukan kontak dengan anjing lain. Hal ini demi meminimalisir penularan parvovirus karena biasanya anjing berusia muda rentan terkena parvovirus.

Makanan

Tentunya anda tidak boleh memberikan makanan yang asal, berilah asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi. Pemberian makanan yang baik akan meningkatkan kekebalan tubuh anjing kesayangan.

Be the first to comment on "Tips Mencegah dan Obat Tradisional Anjing Berak Darah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*