PENTING! Ketahui Penyebab dan Obat Batuk Untuk Anjing

Tahukah anda bahwa anjing pun bisa terserang penyakit batuk? Ternyata bukan hanya manusia saja yang bisa terserang batuk, hewan pun bisa terjangkit batuk tidak terkecuali anjing kesayangan anda. Tentunya sebagai seorang pemilik akan khawatir jika peliharaan mengalami gangguan kesehatan.

Pada umumnya gejala yang ditunjukkan oleh anjing yaitu batuk kering, suara dan gesturnya seakan menandakan bahwa ada yang menyangkut pada bagian tenggorokan.  Batuk yang diderita anjing pada umumnya yaitu Infectious Tracheohitis. Infectious Tracheohitis ini biasanya disebabkan oleh beberapa jenis virus, diantaranya adalah adnovirus, virus herpes, dan reovirus. Selain itu, Batuk pada anjing juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Bordetella Bronchipetica.

Perlu diketahui bahwa resiko anjing terserang batuk akan semakin tinggi jika anjing hidup di lingkungan dengan ventilasi kurang baik. Kebanyakan orang awam tidak mengetahui hal ini sehingga kondisi tempat penampungan atau kandang anjing cenderung tidak diperhatikan. Selain itu keadaan lingkungan sekitar juga cukup berpengaruh misalnya suhu, asap rokok, debu, dan lain-lain. Faktor yang sering dikenal yaitu kontak langsung dengan anjing lain yang sudah terinfeksi Infectious Tracheohitis.

Apakah penyakit batuk ini berbahaya? Lalu apa obat batuk untuk anjing yang paling ampuh? Tidak perlu panik karena penyakit ini bukanlah penyakit yang dapat mengancam nyawa anjing kesayangan anda. Namun tetap saja kesehatan peliharaan mesti dirawat sehingga pemilik diharuskan untuk memberi pertolongan. Berikut ini adalah cara mengobati anjing yang terserang batuk :

Madu
Madu sejak dulu sudah terkenal karena kandungan antibakterinya sangat baik untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Memberikan madu kepada anjing peliharaan secara rutin dapat meminimalisir batuk. Selain itu konsumsi madu juga terbilang lebih efektif karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga anjing akan lebih kebal terhadap virus atau infeksi bakteri lain.

Vitamin C
Siapa sih yang tidak tahu Vitamin C? Vitamin C ini berfungsi untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh anjing agar lebih sehat dan kebal terhadap serangan penyakit. Vitamin C ini juga pada umumnya terkandung dalam buah-buahan terutama yang rasanya asam seperti jeruk nipis. Jika demikian apakah anjing peliharaan harus memakan buah-buahan? Anjing tentunya tidak menyukai buah-buahan oleh sebab itu anda dapat memberikan Vitamin C berupa suplemen.

Probiotik
Probiotik yaitu mikroorganisme hidup yang bisa memberikan dampak positif dalam segi kesehatan untuk organisme lain. Salah satu probiotik yang paling banyak digunakan adalah yoghurt. Makanan probiotik pada umumnya memiliki kandungan gizi yang cukup besar sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pada anjing peliharaan anda yang sedang terserang batuk.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*