Penyebab Anjing Batuk Bengek dan Cara Mengatasinya

Salah satu penyakit yang sering menimpa anjing peliharaan yaitu batuk Tracheal Collapse. Apa yang dimaksud dengan batuk Tracheal Collapse? Kondisi dimana batuk yang diderita anjing frekuensinya cukup sering serta terlihat ingin mengeluarkan sesuatu atau ada yang mengganjal pada tenggorokannya, di Indonesia jenis batuk ini biasa disebut batuk bengek. Hal ini terjadi karena jaringan cincin trakea anjing mengalami penurunan kinerja atau melemah sehingga membuat saluran nafas menyempit. Penyempitan saluran nafas tentunya membuat anjing sesak serta batuk-batuk.

PENTING! Obat Batuk Untuk Anjing

Tracheal Collapse atau batuk bengek tidak datang tanpa sebab. Ada 2 penyebab anjing batuk jenis ini diantaranya adalah faktor penyakit dan bawaan. Faktor penyakit ini bisa dibilang dampak lain dari penyakit yang menyerang tubuh anjing seperti infeksi saluran nafas, penyakit jantung, dan Cushing’s Syndrome. Sementara faktor bawaan yang dapat memicu batuk bengek pada umumnya lebih mengarah pada zat-zat yang dibutuhkan tubuh anjing terutama pada untuk jaringan cincin trakea tidak terpenuhi seperti Kalsium, Glycoprotein, Chondroitin, dan Glycosaminoglycans. Kekurangan zat yang dibutuhkan jaringan cincin trakea akan menyebabkan kolaps pada saluran nafas.

Bagi anda yang memiliki anjing peliharaan seperti Toy Poodle, Shih Tzu, Chiuahua, Pomerianian, Yorshire Terrier, Pug, dan Maltese, sebaiknya lebih waspada karena kebanyakan kasus Tracheal Collapse terjadi menimpa anjing dengan ras kecil.

Bagaimana gejala klinis yang ditimbulkan batuk bengek? Tracheal Collapse dapat diidentifikasi cukup mudah diantaranya yaitu batuk dengan frekuensi sering, nafas anjing cepat dan cenderung mengeluarkan suara, tidak bisa diam ditempat, mulut selalu terbuka serta lidahnya terus keluar. Jika gejala klinis tersebut menimpa anjing kesayangan anda maka sebaiknya segera larikan ke rumah sakit hewan terdekat supaya mendapatkan penanganan yang baik. Perlu diketahui bahwa gejala-gejala tersebut bisa menjadi lebih parah terutama saat kondisi cuaca panas, obesitas, excitement, dan penggunaan obat bius.

Lalu apa cara mengobati batuk bengek pada anjing? Tentunya ada, untuk kasus batuk ringan hingga menengah biasanya anjing bisa diberi antipasmodic, obat penghilang batuk, obat penenang, dan bronchodilator. Namun bila kasus batuk sudah terlihat parah biasanya obat-obatan tidak cukup berpengaruh, dalam kondisi ini sangat dianjurkan untuk melakukan operasi.

Apa yang bisa pemilik lakukan jika anjing peliharaan sudah terkena Tracheal Collapse? Salah satu hal yang dapat dilakukan pemilik adalah dengan menjaga berat badan anjing. Batuk bengek biasanya sering menimpa anjing yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan. Selain itu, perhatikan pula kondisi lingkungan sekitar, usahakan jangan biarkan anjing berada ditempat penuh polusi.

Be the first to comment on "Penyebab Anjing Batuk Bengek dan Cara Mengatasinya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*