Terinfeksi Cacing? Obat Cacingan Anjing Wajib Dimiliki

Infeksi cacing atau cacingan merupakan salah satu hal yang sering menjadi pikiran pemilik anjing peliharaan. Bukan tanpa sebab, meski pada umumnya anjing sering mengalami cacingan dan tidak berdampak besar terhadap kesehatannya namun berbeda cerita jika infeksi cacing berada di tingkat yang lebih parah. Bahkan infeksi cacing yang terus dibiarkan hingga parah tanpa diberikan pertolongan bisa mengancam nyawa anjing kesayangan. Pemberian obat cacing anjing sudah selayaknya diberikan guna meminimalisir resiko tersebut.

Organ anjing mana saja yang bisa terinfeksi cacing? Dalam banyak kasus ringan hingga kasus berat, kebanyakan anjing terinfeksi oleh cacing pada sistem pencernaan terutama bagian usus. Selain itu cacing juga bisa menginfeksi organ lainnya seperti hati dan jantung. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut ini adalah beberapa jenis cacing ya :

Roundworms atau cacing gelang

Dalam kebanyakan kasus, infeksi cacing gelang pada anjing merupakan kasus yang paling banyak ditemukan di dunia. Cacing gelang bahkan bisa menginfeksi anjing sejak baru lahir. Pasalnya, cacing jenis ini biasanya berpindah dari induk ke rahim induk, mencapai janin anjing sehingga larva cacing mungkin terdapat pada jaringan tubuh anjing yang baru lahir. Bukan itu saja, persebaran cacing gelang juga dapat terjadi lewat ASI yang diberikan induk ke anak anjing. Penyakit yang timbul akibat dari infeksi cacing jenis ini adalah diare dan muntah-muntah.

Cacing pita

Cacing pita merupakan cacing yang hidup dan menginfeksi bagian pencernaan atau lebih tepatnya pada bagian usus kecil anjing. Sebaiknya segera basmi cacing ini karena mereka tinggal di bagian usus kecil dimana nutrisi-nutrisi yang berasal dari makanan terus dicuri. Anjing dapat terinfeksi cacing pita dikarenakan memakan kutu yang sudah terinfeksi cacing serupa. Penyakit yang timbul akibat dari infeksi cacing jenis ini adalah muntah disertai penurunan berat badan bertahap.

Cacing tambang

Cacing tambang dapat hidup dan bereproduksi pada tubuh anjing, biasanya di bagian usus kecil. Cukup sulit untuk mengidentifikasi anjing yang terinfeksi cacing tambang dengan mata telanjang karena tidak kelihatan. Mereka hanya dapat ditemukan dengan melakukan uji kotoran yang biasa dilakukan oleh dokter hewan. Penyakit yang timbul akibat dari infeksi cacing tambang adalah anemia atau kekurangan darah. Dalam beberapa kasus parah, cacing tambang bisa menghilangkan nyawa anjing peliharaan.

Cacing jantung

Setidaknya cacing jantung dapat hidup hingga dewasa kurang lebih 9 bulan dalam organ vital anjing yaitu jantung. Anjing yang terinfeksi cacing ini memiliki resiko kematian cukup tinggi terutama bila cacing sudah dewasa. Bukan itu saja, gejala yang timbul dari infeksi cacing jantung hanya dapat terlihat ketika cacing berumur dewasa. Mengingat resiko yang ditanggung akibat infeksi cacing, sudah selayaknya obat cacingan anjing menjadi salah satu hal wajib yang diberikan pada anjing kesayangan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*