5 Hal Tentang Flu Anjing Yang Wajib Dibaca

Virus flu anjing tergolong virus yang cukup cepat penyebarannya karena menggunakan udara sebagai media penyebarannya. Memasuki musim pancaroba ini, anda sebaiknya lebih memperhatikan kesehatan anjing anda. Hewan dengan imun yang lemah dapat dengan mudah tertular flu. Berikut adalah hal-hal penting yang berkaitan dengan flu anjing.

5 Hal Tentang Flu Anjing Yang Wajib Dibaca

Ada 2 Jenis Flu Anjing

Virus flu pada anjing atau disebut juga canine flu adalah virus yang bisa beradaptasi dan berubah bentuk. Sampai saat ini diketahui ada dua jenis flu anjing: H3N8 dan H3N2.

Jenis flu H3N8 sebenarnya adalah virus flu kuda yang kemudian menular ke anjing. Di dalam tubuh anjing, virus ini bermutasi hingga akhirnya dapat menular sesama anjing. Ditemukan pertama kali pada tahun 2004 di Amerika Serikat. Para ilmuwan percaya bahwa virus ini masuk ke dalam tubuh anjing, berhasil beradaptasi dan kemudian bermutasi.

Jenih flu anjing yang lain, yaitu H3N2 ditemukan pertama kali di Korea Selatan pada tahun 2007. Virus H3N2 ini adalah jenis virus flu yang terdapat pada unggas yang kemudia berubah bentuk dan dapat bertahan hidup dalam tubuh anjing.

Waspadai Distemper! Jangan Remehkan Ciri-ciri Anjing Flu

Flu Anjing Tidak Dapat Menular Ke Manusia

Meskipun virus flu ini mudah bermutasi, tetapi sampai saat ini belum ditemukan satu laporan pun manusia yang tertular virus H3N2. Hal ini menunjukkan, virus flu anjing akan menginfeksi manusia. Walaupun begitu, kita harus tetap waspada. Apabila anjing anda flu, sebaiknya gunakan masker dan selalu mencuci tangan menyentuh anjing kesayangan anda.

Ciri-ciri Anjing Flu

Pada tahap awal atau ringan, gejala yang terlihat antara lain: anjing bersin-bersin, mata berair atau belekan, demam, batuk, dan keluar ingus dari hidungnya. Anjing anda dikatakan demam jika suhunya diatas 39,70 derajat celcius.

Tahap yang lebih parah jika anjing anda muntah, diare, tidak nafsu makan sama. Walaupun virus flu pada anjing ini bukan termasuk penyakit yang mematikan, tetap saja kita harus waspada. Hanya sekitar 1 -5 % saja kasus kematian anjing yang disebabkan oleh virus flu ini.

Cara Mengobati Flu Pada Anjing

Apabila anjing anda mulai menunjukkan gejala-gejala flu, tempatkan dia di tempat yang hangat dan nyaman. Berikan selimut jika perlu. Pastikan dia mendapat asupan cairan yang cukup. Anda bisa menambahkan vitamin pada makanannya untuk meningkatkan sistem imun. Jika anjing anda menunjukkan gejala yang lebih parah, sebaiknya segera membawanya ke dokter hewan.

Cara Mencegah Flu Anjing

Flu anjing dapat dicegah dengan memberikan asupan nutrisi yang baik dan menjaga kebersihan anjing anda. Pastikan mencuci tempat makan dan minumnya setiap hari. Usahakan juga mencuci tempat tidurnya secara rutin. Memberikan vaksin juga sangat disarankan. Ilmuwan berhasil menemukan vaksin untuk kedua jenis virus H3N8 dan H3N2, sehingga anda dapat memberikannya pada anjing kesayangan anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*