Hati-hati! Tidak Semua Obat Flu Manusia Bisa Digunakan Untuk Anjing

Meskipun memiliki gejala yang sama, jenis virus penyebab flu anjing berbeda dengan flu pada manusia. Terkadang, ketika kita membawa hewan kesayangan ke klinik hewan, veterinarian menyarankan obat yang umum dikonsumsi oleh manusia. Memang ada obat flu manusia yang bisa digunakan untuk anjing, tetapi dengan dosis tertentu. Jika dosisnya terlalu banyak justru berbahaya untuk kesehatannya. Alih-alih anjing anda sembuh, justru keadaannya bisa semakin parah. Jika anda ragu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu sebelum memberikan obat manusia pada anjing anda.

5 Hal Tentang Flu Anjing Yang Wajib Dibaca

Obat Flu Manusia Yang Bisa Digunakan Untuk Anjing

Aspirin

Aspirin adalah obat yang biasa dikonsumsi untuk meredakan demam, nyeri, flu, sakit gigi dan sebagainya. Obat ini bisa digunakan untuk anjing dengan dosis yang kecil dan tidak berkelanjutan. Dosis yang terlalu banyak atau diberikan dalam jangka waktu panjang tidak disarankan. Anti radang yang terkandung didalamnya dapat merusak ginjal dan perut anjing anda.

Paracetamol

Obat flu manusia yang mengandung Paracetamol masih bisa digunakan untuk anjing. Paracetamol biasanya dapat ditemukan di obat flu dan pereda nyeri seperti Panadol, Bisolvon, dan lain-lain. Untuk anjing, anda bisa memberikan obat sejenis tetapi untuk anak-anak karena biasanya, kadungan Paracetamol didalamnya tidak terlalu banyak. Walaupun demikian, tetap saja jika diberikan dengan dosis yang tidak sesuai justru akan mengancam keselamatan anjing kesayangan anda. Jangan pernah memberikan obat yang mengandung Paracetamol pada anjing anda jika anda belum pernah melakukannya sama sekali.

Ibuprofen

Ibuprofen biasanya dapat anda temui di dalam obat pereda nyeri yang sekaligus juga obat flu. Orang dewasa biasanya mengonsumsi obat yang mengandung Ibuprofen dan Paracetamol ketika sedang flu disertai radang. Kandungan anti radang pada Ibuprofen bisa menyebabkan kerusakan ginjal dan liver anjing. Dengan menggunakan obat-obatan manusia yang dapat dibeli dengan mudah dan murah, anda memang bisa menghemat uang. Tetapi, jika tidak hati-hati, resikonya justru lebih besar.

Beberapa Obat Manusia Yang Berbahaya Bagi Anjing

Obat Anti Radang Dan Pereda Nyeri

Obat-obatan yang mengandung anti radang dan pain killer (pereda nyeri) dapat menyebabkan usus bengkak, sakit perut, dan kerusakan ginjal pada anjing. Jika diberikan pada kucing dapat menyebabkan kematian.

Obat Antidepresan

Jika diberikan pada anjing, obat jenis ini dapat menyebabkan muntah, detak jantung meningkat, tekanan darah tinggi, dan kejang-kejang. Untuk menghindari anjing anda tidak sengaja memakannya, sebaiknya anda tidak menyimpan obat antidpresan sembarangan.

Obat Tekanan Darah Tinggi

Apabila diberikan kepada anjing anda atau mereka tidak sengaja memakannya, akibatnya bisa fatal. Sama dengan obat antidepresan, efek yang ditimbulkan oleh obat ini dapat menyebabkan kejang-kejang dan mungkin berujung kematian.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*