Apa Saja Sih Obat Alami Untuk Anjing Yang Flu Dan Pilek? Berikut Listnya

Menyediakan keperluan anjing dari P3K hingga memilihkan dokter hewan adalah keharusan begitu anda memutuskan untuk mengadopsinya. Obat-obatan yang wajib ada di kotak P3K anjing diantaranya adalah obat cacing dan anti parasit yang harus rutin diberikan setiap bulan. Obat anti septic, obat mata, dan obat flu termasuk ke dalam list yang harus selalu tersedia di rumah. Bagaimana jika persediaan obat flu habis dan kemudian anjing anda tiba-tiba menunjukkan ciri-ciri anjing flu? Apa yang bisa anda lakukan? Memang ada obat flu manusia yang bisa digunakan untuk anjing, tetapi hal itu tidak disarankan. Sebaiknya anda mencari obat alami untuk anjing yang flu dan pilek daripada memaksakan obat manusia.

Hati-hati! Tidak Semua Obat Flu Manusia Bisa Digunakan Untuk Anjing

Obat Alami Untuk Anjing Yang Flu Dan Pilek?

Uap Panas

Seperti halnya manusia, ketika anjing flu dan pilek pernafasannya juga tersumbat sehingga sulit bernafas. Apabila anda memiliki alat inhalasi di rumah, itu akan sangat membantu. Jika tidak, anda bisa menggunakan shower air panas. Biarkan shower dengan pilihan suhu panas terbuka untuk beberapa saat hingga seluruh kamar mandi anda dipenuhi uap panas. Kemudian, biarkan anjing anda yang sedang flu diam di dalam kamar mandi untuk beberapa saat.

Sup Ayam

Pastikan anjing anda yang sedang minum cukup air. Selain dapat menambah cairan, sup ayam atau sup daging sapi juga dapat dijadikan obat alami untuk anjing yang flu dan pilek. Anda bisa merebus daging ayam atau sapi, kemudian biarkan dingin atau sedikit hangat sebelum diberikan kepada anjing anda.

Penting! Jangan pernah memberikan cairan yang mengandung jeruk. Mesikpun jus jeruk baik untuk mengatasi flu pada manusia, tetapi sebaliknya, berbahaya untuk anjing.

Vitamin

Coba cek kotak perlengkapan anjing anda. Apakah anda masih memiliki vitamin atau suplemen anjing yang masih layak pakai. Anda bisa memberikan itu kepada anjing flu untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Penting! Jangan memberikan Vitamin C manusia. Walaupun Vitamin C sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh kita jika sedang flu, tetapi sangat berbahaya untuk anjing.

Madu

Madu alami mengandung anti bakteri, anti jamur, anti septik, dan anti radang alami. Anda bisa memberikannya kepada anjing anda. Satu hal yang harus diperhatikan adalah kandungan gula didalam madu. Pastikan anda memberikan madu alami yang tidak mengandung gula didalamnya, karena gula tidak baik bagi anjing.

Minyak Kelapa

Selain madu, minyak kelapa juga bisa dijadikan pilihan sebagai obat alami untuk anjing yang flu. Minyak kelapa dapat menyembuhkan infeksi, membunuh bakteri jahat, virus, jamur, dan parasit. Berikan 1 sendok teh per 5 Kg anjing satu hari sekali. Jadi, jika berat badan anjing anda 10 Kg, berikan 2 sendok teh per hari.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*