Ini Dia Cara Memberi Makanan Anak Kucing Persia Yang Benar

Memiliki anak kucing Persia yang lucu dan menggemaskan memang bisa membantu menghilangkan penat. Tetapi, jika terlalu dini mengadopsinya juga tidak disarankan. Apalagi jika dia harus dipisahkan dengan sang induk. Idealnya, minimal sekali mereka baru bisa diadopsi mulai dari umur 3 bulan ke atas. Pada umur tersebut, mereka umumnya sudah disapih oleh induknya dan sudah boleh di vaksin. Bila anda terlanjur mengadposi kitten Persia yang terlalu kecil, anda mungkin akan bingung cara merawatnya. Anda mungkin akan bertanya-tanya tentang makanan anak kucing Persia umur 1 dan 2 bulan. Apakah mereka sudah boleh diberikan dry food atau tidak? Umur berapa anak kucing mulai makan?

Begini Loh Cara membuat Makanan Kucing Persia Sendiri Di Rumah

Apa Aja Sih Makanan Anak Kucing Persia?

Sebenarnya anak kucing Persia dan kucing jenis lainnya tidak berbeda jauh dalam hal sistem pencernaan. Hanya saja, karena memiliki bulu yang lebih panjang dan lebat ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya, menambahkan bahan makanan yang mengandung vitamin B untuk kesehatan bulunya.

Makanan Anak Kucing Persia Umur 1 Bulan

Pada usia 1 – 3 minggu pertama, anak kucing memperoleh asupan nutrisi dari susu induk kucing. Pada usia 4 minggu, kitten mulai penasaran dengan makanan induknya. Dia mulai mengendus-endus dan mungkin mencicipi makanan tersebut. Pada usia ini, boleh-boleh saja memberikan makanan pada si anak kucing tetapi pilih makanan yang sangat lembut sekali. Apa saja jenis makanan anak kucing Persia umur 1 bulan? Anda bisa memberikannya ikan atau hati sapi dan ayam yang rebus kemudian dihaluskan menyerupai bubur. Jika ingin praktis, anda bisa membeli wet food khusus kitten kemasan di petshop. Carilah yang tekstur nya sangat lembut sekali, seperti Baby Cat Instinctive dari Royal Canin atau Fancy Feast Kitten untuk harga yang lebih terjangkau.

Penting! Anak kucing umur 1 bulan masih bergantung pada ASI dari induknya atau susu formula khusus. Sehingga jangan memberi makan terlalu banyak karena sistem pencernaan mereka juga masih dalam tahap adaptasi dengan makanan. Anda bisa memberikannya seperempat atau setengah sendok teh 3 – 4 kali sehari. Perhatikan juga pola BAB nya. Bila terlihat gejala yang mencurigakan seperti si kitten lemas atau mencret, sebaiknya hentikan pemberian makanan tersebut.

Makanan Anak Kucing Persia Umur 2 Bulan

Sistem pencernaan anak kucing Persia umur sudah mulai berkembang semakin baik. Anda bisa memberikan jenis makanan serupa dengan makanan anak kucing Persia umur 1 bulan dengan porsi yang lebih banyak. Anda bisa memberikan 1 sendok teh sebanyak 3 – 4 kali sehari. Pastikan anak kucing Persia tersebut mendapat cukup minum baik susu maupun air putih biasa. Tetap observasi pola BAB nya.

Penting! Hindari memberikan dry food pada anak kucing umur 1 dan 2 bulan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*