Tahukah Anda? Kucing Persia Hamil Butuh Makanan Khusus

Seperti halnya manusia, kucing Persia hamil juga memerlukan perawatan khusus. Mereka butuh nutrisi tambahan agar anak-anaknya dapat lahir dengan sehat dan cantik. Selain itu, kebersihan mereka pun perlu mendapat perhatian. Berbicara soal asupan gizi, apa saja sih makanan untuk kucing Persia hamil? Lalu, bagaimana cara merawatnya selama kehamilan? Teruslah membaca karena saya akan memberikan beberapa informasi seputar itu.

Cara Merawat Kucing Persia Hamil

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam merawat kucing Persia yang sedang hamil.

Apakah kucing hamil boleh dimandikan?

Kucing Persia atau jenis lainnya yang sedang dalam keadaan hamil sebaiknya tidak dimandikan hingga mereka melahirkan. Alasannya adalah untuk menghindari kucing tersebut stress. Walaupun kucing anda sudah terbiasa mandi dan kemungkinan tidak stress saat dimandikan, sebaiknya tidak usah dilakukan. Dikhawatirkan anda memegang perut mereka terlalu keras sehingga mengganggu perkembangan janin. Kalaupun ada bagian yang terlihat kotor, anda bisa membersihkannya dengan menggunaka handuk basah. Basahi handung dengan air hangat yang diberi sedikit sabun. Kemudian, bersihkan bagian yang kotor dengan lembut.

Jangan Diberi Obat Cacing

Pemberian obat cacing secara rutin memang salah satu hal yang penting dalam merawat kucing Persia. Tetapi, obat ini mengandung bahan yang berbahaya untuk perkembangan bayi kucing selama dalam kandungan. Jadi, sebaiknya tunda dulu pemberian obat cacing ini pada kucing Persia yang sedang hamil.

Jauhkan Dari Kucing Jantan

Jika anda memiliki lebih dari satu kucing di rumah dan salah satunya adalah jantan, sebaiknya dipisahkan. Selama anda tidak di rumah, sebaiknya si kucing Persia yang sedang hamil di tempatkan di ruangan berbeda dengan kucing jantan.

Ekstra Perhatian

Memberikan perhatian yang lebih pada kucing hamil dapat membantunya mengurangi stress. Anda juga dapat menyikat bulunya dengan lembut dengan sikat khusus. Selain dapat membersikan bulu-bulu rontok, juga dapat memberikan sensasi pijatan pada kucing Persia yang hamil.

Makanan Untuk Kucing Persia Hamil

Magnesium Dan Kalsium

Kucing hamil memerlukan tambahan Magnesium dan Kalsium selama kehamilan. Kekurangan Kalsium pada kucing hamil dapat menyebabkan eclampsia. Sedangkan Magnesium sangat berguna mengurangi stress dan menormalkan denyut jantung.

Vitamin Penambah Tenaga

Vitamin penambah tenaga dan nafsu makan sangat diperlukan oleh kucing Persia Hamil. Calon induk kucing akan mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis setelah melahirkan dan menyusui. Sehingga, dia perlu menambah berat badannya. Idealnya, mereka makan 30 – 50 persen lebih banyak dari porsi normal. Jika kucing terlalu kurus anda bisa memberinya vitamin penambah nafsu makan yang banyak di jual di petshop.

Beri Makanan Khusus

Agar janin kucing Persia ini lahir dengan sehat dan cantik, anda bisa juga memberi induknya dengan makanan spesial. Beberapa merk makanan kucing terkenal seperti Royal Canin, Purina, dan sebagainya memiliki produk khusus untuk kucing hamil. Varian ini memang diformulasikan untuk kucing hamil. Sehingga, anda tidak perlu khawatir lagi kucing Persia anda kekurangan nutrisi selama hamil.

Be the first to comment on "Tahukah Anda? Kucing Persia Hamil Butuh Makanan Khusus"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*