Yes, Bisa Banget! Begini Cara Melatih Anjing Kampung Tanpa Pelatih

Anjing kampung atau anjing mongrel adalah jenis anjing yang lahir dari hasil perkawinan lebih dari 2 jenis anjing ras. Di daerah pedesaan, mereka biasanya digunakan untuk berburu atau sebagai penjaga rumah. Di kota besar, kebanyakan dari mereka bebas berkeliaran tanpa pemilik. Masih banyak orang yang meng-underestimate-kan jenis anjing ini. Padahal jika dirawat dan dilatih dengan baik, mereka bisa keren juga seperti anjing ras lainnya yang lebih populer. Bahkan, asalkan kita tahu cara melatih anjing kampung ini, mereka bisa jadi pintar dan penurut juga loh.

Tips Memilih Makanan Anjing Biar Cepat Gemuk

Karakter Anjing Kampung

Sebelum melakukan pelatihan, sebaiknya pahami karakter anjing kampung tersebut. Anjing jenis ini terbiasa berkeliaran dengan bebas, sehingga memberinya kandang bisa membuatnya stress. Jika sudah demikian, akan sulit bagi kita untuk melatihnya. Mereka juga bisa dibilang anjing yang cukup berisik karena banyak menggonggong. Hal ini bisa menjadi kekurangan sekaligus kelebihan mereka. Gonggongannya ini bisa menakuti orang, sehingga banyak orang yang menjadikannya sebagai anjing penjaga.

Cara Melatih Anjing Kampung

Kunci penting dalam melatih adalah sabar dan telaten. Anda harus melakukannya secara berulang-ulang. Memberikannya hadiah berupa cemilan favorit juga sangat membantu. Terakhir, mulailah dari hal yang mudah terlebih dahulu.

Cara Melatih Anjing Kampung Untuk Duduk

  • Jika dia tidak sedang berada di dekat anda, panggilah seperti anda akan memberinya makan. Anda bisa memanggil namanya, bersiul, atau apapun agar dia datang pada anda.
  • Kemudian, berdirilah dengan tegap berhadapan dengan tenang untuk beberapa detik.
  • Tentukan satu teknik agar anjing anda mengerti perintah anda. Anda bisa menggunakan kata “duduk”, “sit”, menjentikan jari, bertepuk tangan satu kali, atau dengan mengunakan clicker. Sebagai contoh saya akan menggunakan kata “sit” karena lebih gampang diucapkan.
  • Sebutkan kata “sit” sekali dengan cukup keras dan jelas. Lalu, tekan bagian punggung bawah yang dekat dengan ekor hingga anjing anda duduk. Setelah itu berikan cemilan kesukaannya.
  • Ulangi poin diatas 2 sampai 3 kali hingga anjing anda mengerti perintah untuk duduk.
  • Selanjutnya, ucapkan kata “sit” tapi kali ini tanpa menekan punggung anjing. Anda bisa mengucapkannya 2 – 3 kali. Jika dia belum mengerti juga, dudukan dengan menekan punggungnya untuk memberi contoh agar dia mengerti.
  • Lakukan berulang kali. Terkadang diperlukan lebih dari satu hari agar berhasil.

Cara Melatih Anjing Kampung Biar Nurut

Ada dua hal dasar yang bisa digunakan untuk melatih anjing biar nurut. Pertama, datang menghampiri anda ketika dipanggil dan larangan. Melatih agar dia tahu bahwa hal tertentu tidak boleh dilakukan adalah penting.

Anda bisa memilih kata apapun terserah anda selama kata tersebut mudah diucapkan, didengar dan gampang diingat. Saya sendiri lebih suka menggunakan kata “come” untuk perintah datang. Sedangkan untuk larangan, kata “no” lebih mudah diucapkan dan diingat.

Anda bisa menggunakan langkah-langkah yang mirip seperti cara melatih anjing kampung untuk duduk. Prinsip dasarnya sama, yaitu sabar, lakukan berulang-ulang, dan pemberian hadiah.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*