Tips Merawat Anjing Kampung Biar Terlihat Keren Dan Sehat

Sebenernya anjing kampung adalah jenis anjing yang tidak ribet dalam hal perawatan. Asalkan anda tau tips merawat anjing kampung yang baik, anjing jenis ini bisa keren banget. Tetapi, karena istilah “kampung” yang disandangnya dan ras yang tidak jelas, mereka tidak diakui sebagai pilihan anjing peliharaan. Disamping itu, pengetahuan yang minim tentang perawatan anjing mongrel ini menjadi alasan lain mereka dianaktirikan. Padahal mereka memiliki beberapa kelebihan tertentu.

Kelebihan Anjing Kampung

Seperti sifat anjing pada umumnya, setia pada pemiliknya termasuk salah satu karakter mereka. Mereka juga bisa menjadi penjaga rumah yang baik karena gonggongannya yang kuat bila ada yang mengganggu wilayahnya. Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membelinya, karena harga mereka sangat murah bahkan gratis. Dengan perawatan yang baik dan benar, anjing kampung tidak akan kalah menarik dengan anjing ras lainnya.

Cara Merawat Anjing Kampung

Makanan Untuk Anjing Kampung

Makanan anjing termasuk kedalam salah satu biaya termahal dalam hal merawat anjing. Tidak hal nya dengan anjing kampung. Mereka bisa memakan hampir semua jenis makanan tanpa bermasalah dengan pencernaan mereka. Anda bisa memberinya nasi dicampur sayuran dan ikan atau daging. Bahkan anda bisa saja tidak perlu membuatkan mereka makanan khusus karena kita bisa memberinya menu yang sama dengan yang kita makan sehari-hari. Tetapi, tidak ada salahnya juga memberinya vitamin dan makanan anjing khusus yang lebih bergizi.

Berikan Obat Cacing Dan Anti Parasit

Pemberian obat cacing dan anti parasit rutin sangat penting bahi semua hewan peliharaan. Anti parasit dapat membuat anjing kampung bebas dari kutu. Hal ini tidak saja baik bagi anjing tersebut tetapi anda dan semua keluarga. Sebagai hewan peliharaan yang berinteraksi dengan kita setiap hari, tentunya tidak lucu jika mereka berkutu. Pemberian obat cacing secara rutin juga sama pentingnya karena cacing dapat mencuri nutrisi di tubuh anjing. Pada tahap yang cukup parah, cacingan bisa menyebabkan anjing kurus dan lesu.

Grooming

Tips merawat anjing kampung berikutnya berkaitan dengan grooming. Siapa bilang anjing kampung tidak bisa terlihat cantik, gagah, dan sehat. Untuk mendapatkan bulu dan kulit yang sehat dan mengkilau, anda bisa menambahkan sedikit minyak ikan atau minyak sunflower pada makanan sehari-harinya.

Anda dapat memandikannya 1 bulan sekali atau lebih jika mereka tampak sudah sangat kotor. Jangan lupa untuk membersihkan telinga mereka dengan teratur juga. Caranya dengan menggunakan cotton bud, kapas dan baby oil. Setelah itu, periksa juga kukunya. Bila sudah cukup panjang, gunting sedikit dengan gunting kuku khusus dengan hati-hati.

Melatih Anjing Kampung

Tidak begitu sulit juga melatih anjing kampung ini. Anda bahkan bisa melatihnya sendiri tanpa menggunakan jasa pelatih profesional. Akan lebih mudah lagi jika anda melakukan pelatihan sejak mereka masih kecil.

Yes, Bisa Banget! Begini Cara Melatih Anjing Kampung Tanpa Pelatih

Leave a comment

Your email address will not be published.


*