Tips Jitu Cara Melatih Anjing Kampung Berburu

Walaupun ras nya tidak jelas, anjing kampung banyak dipakai orang untuk berburu. Itu karena daya ingat dan penciuman mereka yang bagus. Mereka juga terkenal cukup setia pada pemiliknya dan bisa diandalkan sebagai teman berburu. Melatih anjing kampung berburu tidak begitu sulit asalkan anda tahu kuncinya. Waktu terbaik untuk melatih anjing adalah sejak mereka baru berumur 3-6 bulan. Tetapi bukan berarti anda tidak bisa melatih anjing yang sudah dewasa. Hanya saja anda harus lebih ekstra sabar karena kebiasaan mereka yang sudah terbentuk lama menjadi tantangan utama.

Ciri-ciri Anjing Kampung Pemburu

Sebelum melatih anjing kampung berburu, tentu anda harus menentukan anjing yang cocok. Bagaimana cara memilih anjing kampung pemburu yang baik? Pertama, pastikan usianya tidak terlalu muda (dibawah 1 tahun) dan tidak terlalu tua (diatas 8 tahun misalnya). Carilah anjing yang memiliki bentuk tubuh yang besar dan ideal dengan kaki dan rahang yang kuat. Pastikan dia tidak memiliki masalah dengan mata, pendengaran dan penciumannya serta cukup pintar untuk dilatih. Berikut ciri-ciri anjing kampung pemburu:

  • Memilihi rahang yang kuat dan mulut yang besar
  • Postur tubuh tegap dan ekor lurus mengarah ke atas
  • Telinga yang lurus
  • Punya kecerdasan yang cukup bagus sehingga mudah dilatih
  • Usia ideal antara 1,5 tahun sampai 9 tahun
  • Lincah dan dapat berlari dengan cepat

Cara Melatih Anjing Kampung Berburu

Langkah 1: Melatih Perintah Dasar

Sangat penting mengajari perintah-perintah dasar sebelum anda melatih anjing kampung berburu. Pastikan mereka sudah mengerti apa yang harus dilakukan ketika anda mengatakan “diam”,  “duduk”, dan kembali jika anda memanggil namanya. Anda juga bisa menambahkan perintah “tangkap”, “cari”, “get it” atau semacamnya.

Yes, Bisa Banget! Begini Cara Melatih Anjing Kampung Tanpa Pelatih

Langkah 2: Latih Penciuman Mereka

Hal yang perlu anda siapkan adalah cemilan kesukaan anjing anda. Sembunyikan makanan itu di suatu tempat terbuka, misal di bawah meja. Pastikan jarak antara anjing dan makanan yang disembunyan tidak terlalu jauh. Sebelum anda mulai menyuruhnya mencari “harta karun”, biarkan dia mencium makanan favoritnya terlebih dahulu. Lalu, beri perintah untuk mencari. Jika berhasil, anda bisa menambah jarak bahkan sampai ke halaman belakang. Anda juga bisa menyembunyikan dibeberapa tempat berbeda sekaligus dan biarkan si anjing menemukan semua cemilan favoritnya.

Langkah 3: Kenalkan Dengan Hewan Buruan

Mengenalkan anjing pada hewan buruan termasuk poin utama dalam melatih anjing kampung berburu. Bagaimana caranya? Tergantung apa yang ingin anda buru. Bila anda ingin berburu kelinci anda bisa menempatkan anjing dan kelinci jinak dalam satu kandang yang sama. Tentunya dalam pengawasan kita. Di Indonesia, umumnya mereka dipakai untuk berburu babi hutan.

Agak riskan bila menempatkan kedua hewan tersebut dalam satu kandang. Alternatifnya, anda bisa membiarkan anjing mengenali babi hutan di luar kandang. Pilihan lain, tempatkan keduanya dikandang berbeda tetapi berdekatan.

Langkah 4: Belajar Dari Anjing Pemburu Lain

Tahap melatih anjing kampung berburu selanjutnya adalah mengajaknya langsung ke TKP. Bawa anjing pemburu senior yang sudah berpengalaman dalam dunia perburuan. Biarkan anjing kampung anda belajar langsung dari anjing pemburu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*