Begini Cara Mengawinkan Anjing Kampung Yang Benar

 

Anjing kampung juga bisa memiliki kualitas unggul baik dari segi penampilan maupun tingkat kecerdasan. Jika anda memiliki anjing kampung lucu dan cerdas, anda sangat beruntung. Sangat sayang jika dia tidak memiliki keturunan. Atau, anda bisa mencoba melakukan kawin silang dengan jenis ras unggul. Siapa tahu anaknya memiliki kualitas super. Bagaimana cara mengawinkan anjing kampung? Berikut tips dan trik yang bisa anda coba.

Cara Memilih Anjing Kampung Yang Bagus

Sebelum melakukan pemacakan anjing kampung, tentu kita harus memilih siapa pasangannya. Anda tentunya tidak ingin mendapatkan anak anjing yang gampang sakit, memiliki kelainan, dan tingkat kecerdasan rendah. Oleh karena itu memilih pasangan anjing untuk dikawinkan sangat penting. Bagaimana memilih anjing kampung yang bagus?

Apa Yang Anda Inginkan

Anak anjing yang seperti apa yang anda inginkan dari hasil pemacakan anjing kampung tersebut? Untuk menghasilkan anak anjing kampung pemburu dengan kualitas unggul tentu berbeda jika anda ingin anak anjing kampung yang lucu dan ramah. Anjing pemburu yang bagus bisa dihasilkan dari pasangan dengan ciri-ciri anjing pemburu yang bagus. Anda juga bisa mengawinkan mereka dengan anjing ras, seperti Labrador Retriever, salah satu ras yang bagus untuk berburu.

Tips Jitu Cara Melatih Anjing Kampung Berburu

Riwayat Kesehatan

Mengetahui riwayat kesehatan kedua pasangan anjing sangat penting. Pastikan kedua anjing sudah divaksinasi, tidak cacingan, dan bebas dari kutu penyakit kulit.

Karakteristik

Tiap jenis anjing memiliki karakter yang berbeda-beda. Misal, Golden Retriever memiliki sifat senang bermain dan ramah. Sedangkan, German Shepherd memiliki sifat yang lebih protektif dan aktif. Anjing kampung yang banyak ditemui di Indonesia pada umumnya cukup ramah tapi cukup protektif juga terhadap wilayahnya. Jika anda ingin mendapatkan anak anjing kampung dengan daya tahan tubuh kuat tetapi lebih friendly, ada bisa mengawinkannya dengan Golden Retriever.

Tips Merawat Anjing Kampung Biar Terlihat Keren Dan Sehat

Cara Mengawinkan Anjing Kampung

Pilih Waktu Tepat

Kapan waktu yang tepat anjing jantan untuk kawin? Anjing jantan bisa dikawinkan kapan saja selama usianya sudah mencapai kematangan seksual. Mereka sudah bisa dikawinkan sejak usia 7 bulan atau lebih. Sedangkan anjing betina hanya bisa dikawinkan pada masa-masa tertentu saja. Tentu setelah dia mengalami loop (menstruasi) untuk pertama kalinya. Biasanya mereka mengalami hal tersebut pada usia sekitar 5 bulan. Tetapi sebaiknya hindari mengawinkan anjing betina dibawah satu tahun. Umur 1,5 tahun keatas adalah usia yang ideal untuk mengawinkan anjing kampung betina.

Cara Pemacakan Anjing

Ketika si betina memasuki masa subur atau masa kawin, mereka mengeluarkan hormone pheromones. Anjing jantan bisa mencium hormon tersebut dari jarak 5 Km. Secara insting, anjing jantan akan mendekati si betina dan melakukan pemacakan sendiri. Tetapi, ada anjing yang tidak terlalu pintar dalam melakukan ini dan harus dibantu. Bagaimana cara mengawinkan anjing kampung?

Anda bisa memegang anjing betina dengan posisi yang tepat dan membantu si jantan menaiki punggung betina. Hal ini juga dapat membantu agar betina tidak menggigit anjing jantan selama proses pemacakan. Pastikan ekor anjing betina ini tidak menutupi kelaminnya sehingga memudahkan kelamin jantan untuk masuk. Apabila setelah dibantu seperti itu, si jantan tidak bisa juga memasukan kelaminnya, anda bisa membantunya lebih jauh. Ada bisa mengarahkan kelamin si jantan ke kelamin betina.

 

Be the first to comment on "Begini Cara Mengawinkan Anjing Kampung Yang Benar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*