Inilah Mengapa Vitamin B Kompleks Sangat Penting Untuk Hewan

Sama seperti manusia, hewan pun memerlukan nutrisi yang lengkap dalam makanan yang dikonsumsinya sehari-hari. Kekurangan salah satu atau beberapa vitamin dalam tubuhnya dapat menyebabkan masalah kesehatan. Salah satu vitamin yang sangat penting bagi hewan adalah B kompleks. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kelainan pada otak, sistem saraf, liver, dan lain-lain. Melalui artikel ini, kami akan membahas fungsi vitamin B kompleks untuk hewan, berikut sumber-sumber makanan yang mengandung vitamin ini. Baca sampai selesai ya!

[Kata Dokter] Ternyata Anjing & Kucing Butuh Asupan Mineral

Apa Sih Fungsi Vitamin B Kompleks Untuk Hewan?

Vitamin B kompleks adalah jenis vitamin yang larut dalam air. Umumnya terdiri dari Thiamine, Riboflavin, Pyridoxine, Nicotinamide, Pantothenate, dan Hydroxocobalamin. Berikut adalah fungsi vitamin B kompleks untuk hewan:

Thiamine

Thiamine atau lebih dikenal dengan vitamin B1 berfungsi untuk menjaga energi metabolisme tetap seimbang. Peran penting lainnya adalah memelihara fungsi otot, sistem saraf, dan mengurangi stres.

Thiamine banyak terdapat di tumbuhan, sayuran, buah-buahan, susu, ikan dan daging-dagingan.

Riboflavin

Riboflavin atau populer dengan vitamin B2 berperan dalam membantu sel dalam menghasilkan energi. Vitamin B2 ini juga bertanggung jawab dalam pertumbuhan, kesehatan kulit, rambut, dan mata.

Anda bisa menemukan Riboflavin dalam daging dan produk susu. Sementara itu, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan hanya mengandung sedikit sekali Riboflavon. Sehingga hewan pemakan tumbuhan dan biji-bijian memiliki resiko kekurangan vitamin B2 daripada pemakan daging. Hewan yang kekurangan vitamin ini dapat mengalami pertumbahan yang terhambat, kelainan mata dan gagal jantung.

Pyridoxine

Apa yang terjadi jika hewan kekurangan Pyridoxine (vitamin B6)? Jenis vitamin ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam pertumbuhan sel darah merah. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan anemia, pertumbuhan yang terhambat, kelainan kulit dan ginjal. Sebenarnya Pyridoxine banyak ditemukan pada berbagai jenis makanan. Hanya saja, proses pengolahannya yang salah justru dapat menghancurkannya. Misalnya, diproses dalam suhu yang terlalu panas.

Nicotinamide

Nicotinamide atau biasa disebut dengan vitamin B3 juga sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Salah satu bagian dari vitamin B kompleks ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Pantothenate

Pantothenate (vitamin B5) adalah kunci penting dalam metabolisme. Selain itu, vitamin B5 ini sangat diperlukan oleh enzim-enzim untuk menguraikan glukosa dan asam lemak menjadi energi. Panthothenate juga terlibat dalam pembuatan hormon adrenal dan neurotransmitter otak.

Hydroxocobalamin

Hydroxocobalamin atau yang kita kenal dengan sebutan vitamin B12 sangat diperlukan oleh tulang belakang dalam memproduksi sel darah merah. Kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan anemia yang parah. Pada situasi ini, jumlah sel darah merah dalam tubuh menjadi lebih sedikit tetapi ukurannya lebih besar dari normal.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*