Harus Tahu! Mengapa Vitamin Hewan Ternak Itu Sangat Penting

Ketika kita berbicara tentang hewan ternak, pikiran kita tertuju pada jumlah hewan yang dipelihara untuk kebutuhan komersil. Peternakan yang paling banyak dijumpai di Indonesia adalah peternakan ayam, kambing, dan sapi. Semakin besar peternakan, semakin banyak pula jumlah hewan yang harus dirawat dan diperhatikan kesehatannya. Oleh karena itu, menjaga kesehatan hewan ternak sangat penting. Bayangkan betapa repotnya jika banyak hewan yang sakit karena sistem imunnya yang lemah. Jadi, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Salah satu caranya adalah dengan mencukupi kebutuhan mineral dan vitamin hewan ternak sehari-hari.

Inilah Mengapa Vitamin B Kompleks Sangat Penting Untuk Hewan

Fungsi Vitamin Hewan Ternak

Secara umum, hewan ternak terutama kambing dan sapi memerlukan asupan vitamin A, D, E, dan B kompleks.

Vitamin A

Fungsi utama vitamin A adalah memelihara kesehatan mata, pertumbuhan tulang, dan memelihara kesehatan jaringan epitel. Secara alami, vitamin ini dapat diperoleh dari tumbuhan yang mengandung Carotenoid tinggi, seperti wortel, brokoli dan bayam.

Vitamin D

Vitamin ini dapat diperoleh secara alami dari sinar matahari terutama di pagi hari. Sinar Ultraviolet dari matahari yang menyentuh kulit hewan akan diubah menjadi vitamin D. Kekurangan vitamin D ini dapat menyebabkan penyakit Rakhitis pada hewan muda, lemah tulang pada hewan tua, dan pertumbuhan yang terhambat.

Vitamin E

Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan menurunnya tingkat kesuburan dan masalah otot. Vitamin ini juga bertanggung jawab dalam perkembangan embrio pada hewan yang sedang hamil. Pada ayam, kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penyakit ayam gila. Anda dapat menambahkan biji kedelai atau gandum kedalam makanan hewan ternak sehari-hari sebagai sumber vitamin E.

Vitamin B Kompleks

Secara garis besar, vitamin B kompleks bertanggung jawab terhadap kesehatan kulit, rambut, sistem saraf, liver dan otak. Anda dapat melihat fungsi vitamin B kompleks dan sumber makanannya, disini.

Tips Memenuhi Kebutuhan Vitamin Hewan Ternak

Untuk memastikan hewan ternak anda selalu dalam keadaan sehat dan seimbang, penuhilah semua kebutuhan nutrisinya. Setelah anda tahu pentingnya fungsi vitamin hewan ternak, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara memenuhi hal tersebut? Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Secara alami, anda dapat menambahkan wortel, brokolo atau bayam pada makanan ternak anda untuk mendapatkan vitamin A.
  2. Campurkan pula biji kedelai atau gandum sebagai pengganti karbohidrat dan tambahan vitamin E.
  3. Jika cuaca memungkinkan, pastikan selalu mengeluarkan hewan ternak anda dari kandangnya setiap pagi untuk mendapat sinar matahari.
  4. Pada musim pancaroba biasanya sistem imun hewan ternak menurun karena stres, terutama pada ayam. Anda bisa menambah vitamin untuk hewan khusus yang bisa dibeli di toko ternak. Jangan lupa untuk memberikannya sesuai dengan aturan pakai dan dosis yang sesuai.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*