Seberapa Penting Sih Vitamin Pada Ternak Ruminansia?

Berdasarkan sistem pencernaannya, hewan ternak dibagi kedalam tiga kategori yaitu Ruminansia, Non Ruminansia, dan Psedoruminan. Dalam istilah yang lebih umum, hewan ternak Ruminansia disebut hewan memamahbiak. Jenis hewan ini memiliki lambung jamak atau Polygastric. Contohnya sapi, kambing, kerbau, dan lain-lain. Sedangkan kuda dan kelinci termasuk kedalam hewan psedoruminan. Dua hewan ini sebenarnya memiliki dua lambung, tetapi salah satunya semu (pseudo). Sehingga, bisa dianggap hanya memiliki satu lambung saja (monogastric). Hewan ternak yang hanya memiliki satu lambung saja dikelompokan kedalam hewan non Ruminansia atau hewan unggas. Semua hewan ternak apapun jenisnya memerlukan asupan nutrisi lengkap termasuk vitamin dan mineral. Melalui artikel ini, kami hanya akan membahas vitamin pada ternak Ruminansia saja. Dilain kesempatan kami akan membahas yang lain juga.

Fungsi Vitamin Pada Ternak Ruminansia

Ada empat vitamin utama yang paling dibutuhkan oleh ternak Ruminansia, yaitu vitamin A, D, E, dan B kompleks. Kebutuhan vitamin pada hewan ruminansia tidak hanya itu. Vitamin lain tetap dibutuhkan tetapi dalam jumlah yang lebih kecil dari keempat vitamin utama tersebut. Berikut adalah fungsi vitamin pada ternak Ruminansia.

Vitamin A

Kekurangan vitamin A terutama dapat menyebabkan masalah kesehatan mata. Vitamin itu juga membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada hewan ternak. Sumber: wortel, bayam, brokoli dan sebagainya.

Vitamin D

Vitamin D bertanggung jawab dalam membatu penyerapan Kalsium yang sangat penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Secara alami, vitamin D ini bisa anda peroleh gratis dari sinar matahari pagi hari yang mengandung sinar Ultraviolet. Sumber: cahaya matahari pagi.

Vitamin B Kompleks

Seperti halnya pada manusia, vitamin B kompleks pada hewan ternak berperan penting dalam memelihara kesehatan sistem saraf. Sistem metabolisme dalam tubuh juga dapat tetap berfungsi baik dengan adanya vitamin ini. Sumber: ikan, telur, susu, biji-bijian, gandum, kedelai, dan lain-lain.

Inilah Mengapa Vitamin B Kompleks Sangat Penting Untuk Hewan

Vitamin E

Kebanyakan kasus keguguran atau kelainan pada janin hewan ternak terjadi akibat kurangnya asupan vitamin E. Masalah reproduksi, kesehatan kulit dan otot dapat dihindari dengan tercukupinya vitamin pada ternak Ruminansia. Sumber: kacang almond, biji-bijian, gandum, dan sebagainya.

Fungsi Protein Pada Ternak Ruminansia

Vitamin saja tidak cukup, protein pada ternak Ruminansia juga sangat penting. Ada baiknya anda memastikan makanan yang diberikan sehari-hari mengandung cukup vitamin dan protein.

Apa saja sih fungsi protein pada ternak Ruminansia? Protein berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel yang rusak. Protein pada ternak Ruminansia sangat dibutuhkan terutama oleh hewan yang sudah tua. Sebenarnya, hewan memamahbiak tidak begitu memerlukan protein dengan kualitas tinggi. Dalam sistem pencernaan Ruminansia terdapat mikroba yang dapat mengubah sumber makanan (seperti biuret dan urea) menjadi protein.

Be the first to comment on "Seberapa Penting Sih Vitamin Pada Ternak Ruminansia?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*