Wajib Baca! Info Lengkap Cara Memelihara Anjing Yang Baik Dan Benar

Menurut penelitian, memelihara anjing dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Seperti yang dilansir huffingtonpost.com, meluangkan waktu beberapa menit saja dengan anjing peliharaan dapat mengurangi tekanan darah dan kegalauan. Hal tersebut juga bisa meningkatkan kadar Serotonin dan Dophamine yang bertanggung jawab memberikan rasa tenang dan bahagia. Tapi, jika anda tidak tahu cara memelihara anjing yang baik dan benar, keadaannya bisa saja terbalik. Misalnya, anjing anda sulit diatur, sering membuat kekacauan di rumah, atau sering sakit-sakitan. Jika anda dalam situasi tersebut atau ini pertama kalinya anda memiliki anjing, artikel ini untuk anda. Selamat membaca!

Cara Memilih Anjing Peliharaan

Tidak semua jenis anjing bisa cocok untuk anda. Setiap jenis anjing memiliki tingkat energi dan karakter yang berbeda-beda satu sama lain. Dalam memilih anjing, sebaiknya mempertimbangkan gaya hidup anda, tingkat energi, kondisi rumah, dan sebagainya.

Misal, anjing Toy Poodle atau French Bulldog cocok untuk anda yang tinggal di sebuah apartemen, lumayan sibuk dan tidak terlalu suka berolahraga. Kedua anjing ini cukupĀ low-maintance baik dalam segi kesehatan maupun tingkat energi.

Golden Retriever dan Husky sangat cocok untuk menemani anda berolahraga baik joging maupun sekedar jalan kaki keliling komplek. Kedua jenis anjing ini juga ramah terhadap anak-anak dan kucing.

Sedangkan, untuk anda yang sibuk dan level energi cukup rendah, disarankan untuk tidak memilih Pitbull. Jenis anjing ini memiliki tingkat energi yang cukup tinggi yang harus disalurkan dengan melakukan aktivitas fisik seperti joging atau bermain bola.

Tips! Jika ini kali pertama anda memelihara anjing, pilihlah jenis anjing yang low-maintance seperti Golden Retriever, Labrador Retriever, atau Husky. Disarankan juga, mengadopsinya sejak dari kecil. Umur yang ideal anak anjing siap dipelihara adalah 3 bulan ke atas.

Cara Memelihara Anjing Yang Baik Dan Benar

Keputusan mengadopsi anjing sebagai hewan peliharaan bukanlah keputusan yang main-main. Bisa dikatakan, itu adalah komitmen seumur hidup. Sebelum anda mengambil keputusan penting ini, ada baiknya anda mempertimbangkan segala kemungkinan dan resiko yang akan dihadapi. Mengetahui informasi tentang cara memelihara anjing yang baik dan benar juga sangat disarankan sebelum anda mengadopsi anjing.

Cara Merawat Anjing Yang Baik

Berbicara cara merawat anjing dengan baik, secara otomatis kita juga membicarakan cara merawat anjing yang baik.

Kesehatan Anjing

Begitu anda mendapatkan anjing, segera buat janji dengan dokter hewan untuk melakukan pengecekan awal dan vaksinasi. Biasanya dokter hewan akan memberikan obat cacing juga untuk diberikan kepada anjing anda. Obat cacing sudah bisa diberikan pada anak anjing yang berumur 3 bulan ke atas. Anda bisa juga menanyakan kepada dokter hewan apakah anjing anda bebas kutu atau penyakit kulit?

Bingung Memilih Dokter Hewan? Yuk Ikuti Tips nya

Kebersihan Anjing

Menjaga kebersihan anjing adalah salah satu yang esensial dalam hal cara merawat anjing dengan benar. Kapan anak anjing boleh dimandikan? Puppy boleh dimandikan sejak umur 3 bulan. Tetapi tidak perlu terlalu sering juga. Anda cukup bisa memandikannya 1 sampai 2 bulan sekali saja. Disarankan untuk menggunakan air hangat untuk memandikannya. Sebaiknya hindari memandikkan anjing hingga 2 minggu setelah divaksin. Menggunting kuku, menyikat bulu, dan menggosok giginya secara teratur adalah cara memelihara anjing yang benar.

Berkenalan Pertama Kali

Berkenalan dengan puppy mungkin lebih mudah daripada dengan anjing yang sudah besar. Tetapi tetap sebaiknya kita memulai dengan sesuatu dengan benar. Ikuti cara berkenalan dengan anjing dengan benar berikut ini.

  • Berdiri dengan tenang, tegap, dan percaya diri. Selalu bersikap tenang saat berada disekitar anjing adalah penting karena anjing bisa merasakan energi kita.
  • Hindari menatap matanya langsung dan biarkan dia mengenali bau anda. Biasanya dia akan mengitari anda sambil mengendus-endus.
  • Setelah anjing beberapa saat atau setelah anjing terlihat rileks, anda bisa membungkuk atau berjongkok sampai setinggi anjing tersebut untuk mengelusnya. Pastikan sikap anda tetap tenang saat berinteraksi dengan anjing tersebut. Anda juga bisa memberinya threat atau cemilan.
  • Setelah anjing tersebut berkenalan dengan anda, selanjutnya adalah mengenalkannya dengan seluruh anggota keluarga. Gunakan teknik berkenalan yang sama.

Penuhi Kebutuhannya

Pastikan anda memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan teman kaki empat anda dalam rumah. Kebutuhan ini bukan hanya memberinya makan yang sehat dan teratur, tetapi juga dalam hal tempat dia tidur dan lain-lain. Berikut adalah hal-hal yang harus anda perhatikan dalam memenuhi kebutuhannya.

  • Pastikan air minumnya selalu tersedia di tempatnya.
  • Berikan makanan yang sehat secara teratur dengan porsi yang sesuai.
  • Mengajak anjing anda berjalan-jalan atau bermain di halaman belakang. Sinar Ultraviolet dari matahari pagi merupakan sumber vitamin D alami yang sangat dibutuhkan anjing anda.
  • Jika dia tidur dikandang, pastikan anda memberinya alas kandang anjing yang baik dan nyaman.
  • Selain semua itu, anjing juga punya kebutuhan alamiah yaitu buang air besar dan kecil. Umumnya mereka buang air besar 2 kali sehari. Oleh karena itu membawanya keluar rumah sangat penting. Minimal 2-3 kali sehari anda harus membawanya keluar rumah atau halaman rumah, pagi, siang, sore atau malam.

Melatih Anjing

Langkah penting dalam cara memelihara anjing yang benar berikutnya adalah melatih anjing. Hal paling penting yang harus diajarkan adalah perintah-perinta kepatuhan dasar, seperti diam, tunggu, duduk, jangan, dan menghampiri anda ketika dipanggil. Sangat penting bagi anda untuk bersikap anda adalah pemimpinnya bukan anjing anda. Salah satu sikap yang memperlihatkan hal tersebut adalah memastikan dia berada di belakang atau samping anda saat berjalan. Kecuali, jika anda memang menyuruhnya untuk mengejar atau mencari sesuatu.

Be the first to comment on "Wajib Baca! Info Lengkap Cara Memelihara Anjing Yang Baik Dan Benar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*