Bagaimana Cara Memilih Makanan Anjing Murah Dan Sehat?

Ketika anda masuk ke dalam sebuah Pet Shop, anda akan melihat begitu banyak merk, jenis, dan variasi harga. Hampir semua merk menawarkan kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang dalam kemasannya. Faktor harga mungkin bisa menjadi pertimbangan anda selanjutnya. Bagaimana cara memilih makanan anjing murah dan sehat?

Sebelum Memilih Makanan Anjing

Ada beberapa faktor yang harus anda pertimbangankan sebelum anda menentukan makanan apa yang cocok untuk anjing anda.

  • Pastikan anda memilih makanan yang sesuai dengan usia atau tahapannya. Ada 3 tahapan umur pada anjing yaitu puppy, dewasa, dan senior. Ketiganya memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda.
  • Anda juga perlu mempertimbangkan kondisi tubuh anjing. Anjing yang terlalu kurus, terlalu gemuk dan terlalu aktif memiliki kebutuhan diet yang berbeda pula.
  • Riwayat kesehatan juga bisa mempengaruhi cara anda menentukan makanan yang sehat untuk anjing. Misal, makanan anjing yang mempunyai riwayat alergi berbeda dengan anjing yang diabetes.
  • Terakhir adalah budget anda. Kualitas biasanya berbanding lurus dengan harga. Makanan anjing yang memiliki kualitas bagus dengan merk ternama biasanya memang mahal. Tetapi, banyak juga alternatif lain yang lebih murah dengan kualitas setara.

4 Macam Kualitas Makanan Anjing

Anda empat jenis kualitas makanan anjing kering yang dijual di pasaran. Apa yang membedakan keempatnya selain dari segi harga?

  • Grocery. Bahan utama dari jenis makanan ini adalah gandum, biji-bijian, dan sereal, dan lain-lain. Sedangkan untuk proteinnya menggunakan telur, tulang, darah hewan, dan jeroan hewan seperti usus, hati, dan sebagainya. Biasanya mengandung bahan pengawet dan MSG sehingga tidak disarankan untuk kesehatan jangka panjang.
  • Premium. Selain beras, jenis ini menggunakan kedelai dan jagung sebagai karbihidrat. Walaupun masih menyertakan jeroan, tetapi kandungan nutrisi didalamnya cukup lengkap dan tidak menggunakan perasa buatan. Contoh: Pedigri, Alpo, dan sebagainya.
  • Super Premium. Nah, jika anda sedang mencari makanan sehat untuk anjing, anda bisa memilih makanan sehat untuk anjing, saya sarankan untuk memilih jenis ini. Makanan Anjing dengan grade ini tidak lagi menyertakan jeroan hewan, tidak mengandung pengawet, zat perasa kimia. Contoh produk dengan label Super Premium ini diantaranya: Royal Canin, Science Hill, Purina, dan sebagainya.
  • Holistic. Semua bahan yang terkandung dalam makanan anjing jenis Holistic adalah organik. Dari mulai bahan protein seperti ayam, daging sapi, atau ikan hingga gandum dan serat, semuanya adalah bahan organik.

Tips Memilih Makanan Anjing Murah Dan Sehat

Pilihlah kualitas Super Premium atau Holistic

Kedua jenis ini tidak mengandung pengawet dan zat kimia sehingga bisa menjadi pilihan makanan yang sehat untuk anjing. Selain itu, bahan yang digunakannya juga lebih berkualitas dibandingkan Premium dan Grocery.

Pilih sesuai budget

Salah satu kekurangan dari kedua jenis makanan anjing yang sehat tersebut adalah harga yang lebih mahal. Merk seperti Royal Canin dan Science Hill terkenal dengan harganya yang tinggi. Tetapi, jangan khawatir karena banyak juga merk lain yang menawarkan kualitas setara dengan harga yang lebih terjangkau. Anda bisa bertanya kepada staf Pet Shop mana saja dog food yang memiliki kualitas Premium atau Holistic berikut harganya. Kemudian pilihlah sesuai dengan budget anda.

Cek Kandungan Nutrisi

Sebelum memutuskan untuk membeli makanan yang sehat untuk anjing anda, pastikan anda mengecek berbagai informasi yang terdapat di dalam kemasan. Termasuk mengenai informasi kandungan nutrisi.

Evaluasi Kesehatan Anjing

Perhatikan kesehatan anjing anda selama 2 minggu hingga 1 bulan pemakaian. Apakah ada perubahan dalam buang air besar baik pola maupun bentuknya? Apakah anjing anda menunjukan gejala alergi? Jika tidak, berarti anda sudah berhasil menemukan makanan anjing murah dan sehat yang cocok untuk teman kaki empat anda.

Makanan Yang Cocok Untuk Anak Anjing

Menentukan makanan yang baik untuk anak anjing hampir sama dengan memilih makanan untuk anjing dewasa. Hanya saja ada beberapa hal yang harus lebih diperhatikan. Diantaranya:

  • Jangan pernah memberikan makanan anjing dewasa pada puppy walaupun kualitasnya sangat bagus. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan anak anjing belum berkembang sempurna.
  • Pastikan dog food yang anda beli untuk puppy tidak mengandung bahan kimia, pengawet, dan pewarna buatan.
  • Makanan yang cocok untuk anak anjing adalah yang mengandung lebih banyak protein dari daging-dagingan dan lebih sedikit kandungan karbohidratnya.
  • Mengandung kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk anak anjing.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*