Mudah Banget! Begini Cara Membuat Makanan Kucing Kering Sendiri

Membuat makanan kucing sendiri di rumah tidak selalu karena alasan lebih murah, tetapi juga lebih berkualitas. Dari segi kualitas bahan, kebersihan, dan nutrisi bisa lebih terjamin karena kita sendiri yang membuatnya. Ada dua jenis makanan untuk kucing, yaitu kering dan basah. Cara membuat makanan kucing kering sendiri hampir sama mudahnya dengan membuat makanan basah. Hanya saja untuk jenis yang kering ada tambahan langkah pengeringan saja. Kelebihan dari dry food ini adalah lebih bisa digunakan untuk jangka waktu lebih lama dibanding wet food.

Resep Makanan Kucing Persia Buatan Sendiri Di Rumah

Cara Membuat Makanan Kucing Kering Sendiri

Bahan-bahan:

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat makanan kering untuk kucing:

  1. 3 cangkir tepung gandum utuh (whole wheat flour)
  2. 2 cangkir tepung kedelai
  3. 1 cangkir tepung jagung
  4. 1 cangkir wheat germ atau bisa diganti dengan bekatul
  5. 1 cangkir nonfat milk
  6. 450 gram ikan makarel/tuna segar/ ayam fillet tanpa kulit yang sudah di rebus terlebih dahulu.
  7. 5 sendok makan sunflower oil atau minyak kelapa
  8. 1 sendok makan minyak ikan
  9. 2 cangkir air rebusan ikan atau ayam atau bisa juga diganti dengan air.

Cara Membuat Makanan Kucing Yang Kering

  1. Masukan 3 cangkir tepung gandum kedalam wadah yang cukup besar. Kemudian tambahkan tepung kedelai tepung jagung dan wheat germ. Terakhir tambahkan 1 cangkir susu dan selanjutnya kita menyebutnya ini sebagai adonan kering.
  2. Sementara itu, di dalam wadah yang berbeda, masukan ikan makarel rebus yang sudah di cincang halus atau bisa juga diblender. Jika anda tidak menemukan makarel, bisa juga diganti dengan ikan tuna segar atau ayam tanpa tulang dan kulit. Pastikan anda telah merebus tuna atau ayam tersebut terlebih dahulu. Jangan dibuang air rebusannya karena bisa dipakai sebagai pencampur adonan. Tambahkan 5 sendok sunflower oil dna 1 sendok makan minyak ikan. Terakhir masukan air rebusan ikan atau ayam ke dalam adonan, aduk rata. Selanjutnya kita sebut ini sebagai adonan basah.
  3. Campurkan adonan basah ke dalam adonan kering sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan menggunakan mixer. Lakukan hingga adonan basah habis dan adonan akhir tidak lengket di wadah dan kalis.
  4. Keluarkan adonan dari wadah dan simpan di meja yang sudah ditaburi tepung. Remas-remas selama kurang lebih 1 menit.

  1. Ambil sejumput adonan dan buatlah gulungan kecil memanjang seperti tali tambang dengan diameter sekitar 1/4 inch. Kemudian, dengan menggunakan pisau, potong gulungan tersebut menjadi bentuk yang kecil. Ukurannya seperti bentuk dry food yang biasa anda beli di Pet Shop atau sesuai dengan selera.
  2. Tatalah semua potongan tersebut dengan rapi disebuah loyang. Untuk pengeringan, anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari jika memungkinkan. Atau, memasukkanya ke dalam oven dengan suhu sedang hingga kering. Untuk mengetahui makanan kucing tersebut siap, ambil satu dan patahkan dengan kedua tangan.
  3. Agar tahan lebih lama, anda bisa juga menyimpan nya dalam plastik yang divakum dan dimasukan ke dalam freezer.

Cara membuat makanan kucing kering diatas sangat mudah bukan? Satu hal yang pasti, kualitas bahan dan kandungan nutrisi yang diperlukan kucing anda sangat terjamin.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*