Ini Dia Panduan Cara Memberi Makan Anak Kucing Yang Benar

Merawat anak kucing tanpa induk memiliki tantangan tersendiri terutama dalam hal makanan. Semakin muda umurnya, semakin sulit tantangannya. Cara memberi makan anak kucing baru lahir tentu berbeda dengan anak kucing umur 3 bulan. Merawat anak kucing memang dibutuhkan informasi yang benar, karena kekurangan info bisa fatal akibatnya. Melalui artikel ini kami akan mencoba memberikan informasi cara memberi makan pada anak kucing sesuai tahapannya.

Cara Memberi Makan Anak Kucing Baru Lahir

Alaminya, anak kucing yang baru lahir mendapatkan nutrisi dari air susu induknya terutama pada 24 jam pertama setelah mereka lahir. ASI pertama yang keluar dari sang induk mengandung Kolostrum yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh si kitten. Kolostrum mengandung protein, antibodi, vitamin dan nutrisi. Tetapi pada beberapa kasus, sang induk tidak mau menyusui. Bila tidak ditangani dengan segera, nyawa sang bayi kucing bisa terancam. Bagaimana cara memberi makan bayi kucing baru lahir?

Cari Induk Angkat

Pertama, tanyakan pada pet shop terdekat, klinik hewan, atau forum pecinta kucing, apakah mereka punya induk kucing yang sedang menyusui. Si bayi kucing bisa ikut menyusui untuk sementara waktu setidaknya sampai umur 1 bulan.

Beri Susu Khusus Kucing

Seandainya anda tidak menemukan satu pun induk kucing yang bisa menjadi adopter sementara, terpaksa menggunakan rencana B. Anda bisa membeli dot khusus beserta susu khusus untuk bayi kucing di pet shop terdekat. Pastikan anda membeli susu kucing dengan kualitas yang baik. Buatlah susu sesuai dengan instruksi yang tertulis di dalam kemasan. Berikan pada bayi kucing baru lahir setiap 2 – 3 jam sekali. Memberikan susu dari samping lebih aman daripada dari depan, karena bisa mengurangi resiko tersedak.

Perhatikan juga pola buang air nya dan timbang lah setiap minimal 2 – 3 kali seminggu untuk mengetahui perkembangannya.

Penting! Pastikan juga menyimpan anak kucing dalam tempat yang hangat. Caranya adalah dengan menyimpan bola lampu 5 watt diatas tempat tidurnya.

Cara Memberi Makan Anak Kucing Umur 1 Bulan

Pada umur 1 bulan, anak kucing sudah mulai tertarik dengan makanan. Dia bisa mencium wangi makanan dan ada rasa ingin mencicipi. Anda bisa memberikan makanan basah kemasan khusus bayi kucing yang bisa diperoleh di pet shop atau klinik hewan. Cara memberi makan anak kucing umur 1 bulan yang baik adalah tidak memberikannya porsi besar sekaligus. Berikanlah secara bertahap. Misal, pada minggu pertama 1/2 sendok teh sebanyak 2 – 3 kali sehari. Kemudian, naikan porsinya menjadi 1 sendok teh. Tentu saja sambil terus diberikan susu kucing juga. Jika si kitten tidak mau makan, anda bisa memancingnya dengan meletakkan sedikit wet food dimulutnya dan biarkan dia menjilatnya. Tetap perhatikan pola buang air nya. Karena sudah mulai makan, harusnya ada perubahan pada pola BAB nya.

Anda juga bisa membawanya ke dokter hewan untuk melakukan pengecekan perkembangannya sekaligus berkonsultasi.

Penting! Sebaiknya pada umur 1 bulan, hindari memberinya makanan kering untuk kucing.

Cara Memberi Makan Anak Kucing Umur 2 Bulan

Pada umur 2 bulan pencernaannya semakin berkembang menuju sempurna. Anda sudah mulai mengurangi takaran susu kucing dan menambah porsi makanannya. Tetapi tetap pemilihan makanan basah lebih baik dari pada makanan kering. Jangan pernah memberinya makanan kucing dewasa dan makanan kucing homemade. Makanan kaleng kemasan umumnya sudah mengandung nutrisi lengkap yang sangat dibutuhkan anak kucing.

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Makanan Kucing Kering Sendiri

Cara Memberi Makan Anak Kucing Umur 3 Bulan

Pada umur 3 bulan, anak kucing sudah mulai makan dengan teratur. Bahkan anda bisa menghentikan pemberian susu. Makanan kering khusus anak kucing juga sudah mulai bisa diberikan. Tetapi, jangan pernah memberikannya makanan dewasa karena sistem pencernaannya belum berkembang sempurna. Anda bisa memberi makan anak kucing umur 3 bulan ini 3 – 4 kali sehari. Karena pemberian susu sudah mulai dihentikan, anda harus mulai mengajarinya minum di tempatnya. Simpan tempat minum di tempat tertentu dan jangan lupa membersihkannya dan mengisinya dengan air bersih setiap hari.

Be the first to comment on "Ini Dia Panduan Cara Memberi Makan Anak Kucing Yang Benar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*