DIY Cara Membuat Tempat Makan Kucing Otomatis Dari Barang Bekas

Apa yang harus anda lakukan jika harus meninggalkan kucing di rumah karena pekerjaan dan sering pulang telat? Mungkin anda berfikir untuk menyimpan makanan kering di tempat makan mereka hingga penuh untuk makan malam mereka. Masalahnya, apakah mereka akan memakannya sesuai jadwal yang anda harapkan? Sepertinya tidak. Kemungkinan besar mereka akan memakan habis semuanya sebelum jam makan siang. Solusi yang paling mungkin adalah dengan menggunakan dispenser makanan kucing. Fungsinya hampir sama dengan dispenser yang biasa anda gunakan untuk minum air. Air akan keluar ketika kita menekan tombol tertentu. Anda bisa membuatnya dengan memanfaatkan kardus bekas. Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat tempat makan kucing otomatis di bawah ini.

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Makanan Kucing Kering Sendiri

DIY Cara Membuat Tempat Makan Kucing Otomatis

Bahan Dan Alat Yang Diperlukan

Berikut adalah bahan-bahan dan alat yang anda butuhkan sebelum mengikuti langkah-langkah cara membuat tempat makan kucing otomatis sendiri.

  1. Kardus bekas secukupnya
  2. Stick ice cream dan karet gelang
  3. Satu lembar kertas A4
  4. Botol bekas selai atau sejenisnya
  5. Lem tembak
  6. Selotip kertas
  7. Gunting dan cutter
  8. Penggaris dan pensil

Cara Membuat Tempat Makan Kucing Otomatis Sendiri

Langkah 1

Potong kardus bekas menjadi bentuk persegi panjang dengan ukuran 9 x 8 cm sebanyak 4 buah. Kemudian potong lagi menjadi bentuk trapesium sama kaki dengan ukuran rusuk atas 3 cm dan rusuk bawah 9 cm. Rekatkan semua kaki trapesium tersebut dengan menggunakan lem tembak hingga membentuk seperti piramida yang tidak lancip.

Langkah 2

Sementara itu, ambil 2 buah stick ice cream dan potong ujungnya sedikit. Lalu, potong sepanjang 2,5 cm dan 1 cm masing-masing sebanyak 2 buah. Tempel kan potongan stick yang berukuran 1 cm di atas stick yang lebih panjang dengan lem. Lakukan hal yang sama pada stick yang satunya.

Langkah 3

Potong kembali stick ice cream dengan ukuran 2,5 cm sebanyak 2 buah. Selanjutnya, ambil piramida yang tadi sudah dibuat pada langkah 1. Tempelkan stick ice cream yang telah anda buat di langkah dua pada kedua sisi atas piramida (seperti yang bisa anda lihat pada gambar). Lalu, tempelkan stick yang berukuran 2,5 cm disalah satu sisi atas piramida. Lihat gambar.

Langkah 4

Gulunglah kertas A4 dengan menggunakan bantuan pensil dan rekatkan ujung-ujungnya dengan menggunakan selotip kertas. Sementara itu, potong kembali kardus dengan ukuran 6 x 4 cm dan tempelkan gulungan kertas pada salah satu sisinya. Potong lagi stick ice cream ukuran 2,5 cm dan 1 cm dan lakukan seperti pada langkah 2. Tempelkan stick tersebut pada ujung kardus yang berlawanan dengan ujung dimana anda menempelkan gulungan kertas tadi. Perhatikan gambar dibawah agar anda dapat melihat cara menempelkan karet pada kedua sisi kardus.

Langkah 5

Langkah berikutnya dalam cara membuat tempat makan kucing otomatis adalah membuat kotak dispenser. Potonglah kardus dengan ukuran 10 x 10 cm (2 buah), 27 x 9 cm (2 buah), 27 x 10 cm (2 buah), 18 x 7,5 cm (1 buah), dan 15 x 1,5 cm (2 buah). Susun semua seperti pada gambar dibawah.

Langkah 6

Sekali lagi potong kardus dengan ukuran 10,5 x 6 cm sebanyak satu buah saja dan tempelkan pada gulungan kertas. Sebagai finishing touch, anda bisa mewarnai dan menghiasinya sesuka anda.

Langkah 7

Selanjutnya, ambil botol bekas selai atau sejenisnya dan lubangi tutupnya secukupnya saja. Tidak terlalu kecil maupun besar. Tempelkan pada tutup dispenser yang sudah dilubangi dengan ukuran menyesuaikan dengan lubang tutup botol. Isi botol dengan makanan kering untuk kucing dan tutup rapat. Tempat makan kucing otomatis siap digunakan.

Be the first to comment on "DIY Cara Membuat Tempat Makan Kucing Otomatis Dari Barang Bekas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*