Bahaya! Jangan Memberi Makan Kucing Sembarangan – Ini Alasannya

Terkadang ketika sedang makan, kucing anda datang dan merajuk dengan suaranya yang manja seakan belum diberi makan seharian. Hal tersebut kadang membuat anda tidak tega dan kemudian memberikan makanan dari apa yang sedang anda makan. Tapi itu bukanlah cara memberi makan kucing yang baik. Pertama karena alasan kesehatan. Alasan kedua berkaitan dengan karakter kucing anda.

Jangan Memberi Makan Kucing Sembarangan

Mengapa kita sebaiknya tidak memberi makan kucing sembarangan? Misalkan sisa makanan kita? Hal tersebut dikarenakan tidak semua makanan manusia baik untuk kucing. Beberapa bahan makanan yang umum kita sertakan dalam memasak ternyata bisa bersifat racun pada kucing. Berikut adalah jenis makanan dan minuman yang bisa mengancam nyawa teman kaki empat tanpa anda sadari.

Mudah Dan Cepat! Begini Cara Membuat Makanan Kucing Dari Ikan

Bawang Merah Dan Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih digunakan manusia hampir disemua masakan. Tapi ternyata kedua bahan ini dapat menyebabkan gastritis, anemia, dan pecah pembuluh darah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari memberi makan kucing sisa makanan kita.

Telur Mentah

Telur mentah dapat mengandung bakteri yang bisa mengganggu kesehatan si mpus. Selain itu, yang lebih berbahaya lagi adalah protein yang terkandung dalam putih telur yang disebut Avidin. Jenis protein ini dapat mengganggu penyerapan vitamin B biotin yang sangat dibutuhkan kucing.

Ikan Atau Daging Mentah

Apabila anda berniat untuk membagi sushi anda dengan si mpus, coba fikir sekali lagi. Ikan mentah yang terdapat pada sushi dapat mengandung bakteri berbahaya. Enzim yang terdapat pada ikan mentah juga dapat merusak thiamine yang berasal dari vitamin B. Kekurangan thiamine dapat menyebabkan masalah sistem saraf, kejang-kejang, hingga koma. Daging mentah atau setengah matang juga sama buruknya dengan ikan mentah karena dapat mengandung bakteri jahat.

Hati Ayam

Kucing yang memakan terlalu banyak hati ayam beresiko keracunan vitamin A. Kondisi ini berpengaruh pada tulang kucing, osteoporosis, hingga kematian.

Coklat

Seperti hal nya pada anjing, coklat juga tidak baik untuk kucing. Theobromine, adalah zat terdapat pada coklat yang sangat berbahaya bagi kucing. Jika kucing anda memakan coklat, detak jantungnya bisa berubah tidak beraturan, kejang, tremors, bahkan kematian. Jadi, jangan pernah membagi coklat anda dengan kucing kesayangan. Pastikan juga anda menjauhkannya dari jangkauan kucing karena mereka adalah mahluk yang penuh rasa ingin tahu. Bisa saja mereka tidak sengaja menemukan coklat dan menjilatnya.

Susu Dan Produk Olahannya

Sebagian besar kucing suka jika diberi susu. Tapi ternyata, tidak semua kucing bisa toleran terhadap Laktosa yang terdapat pada susu. Bila kucing termasuk yang tidak bisa mentolerir Laktosa, sistem pencernaannya bisa terganggu dan menyebabkan diare.

Memberi Makan Sembarangan Tidak Mendidik

Ketika anda memberi makan kucing pada saat anda sedang menikmati makanan anda, mereka akan mengira bahwa itu diijinkan. Kemudian mereka akan mengulang hal tersebut dilain waktu. Mungkin bagi anda tidak terlalu masalah, toh itu kucing anda. Tapi, tahu kah anda, bahwa kebiasaan ini bisa dibawa oleh si mpus kemana pun dia pergi. Bisa saja dia pergi ke rumah tetangga yang kebetulan sedang makan, lalu melakukan hal yang sama. Atau, ketika teman atau kerabat anda datang berkunjung. Cara memberi makan kucing seperti ini tidak baik bagi perkembangan karakternya.

Be the first to comment on "Bahaya! Jangan Memberi Makan Kucing Sembarangan – Ini Alasannya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*