Begini Cara Membuat Makanan Kucing Yang Murah Berkualitas

Ketika anda memutuskan untuk memelihara kucing, tentu anda akan memperhitungkan biaya perawatannya, terutama makanan. Memiliki satu atau dua ekor kucing mungkin tidak terlalu memakan banyak biaya. Bahkan, anda bisa memanjakan mereka dengan makanan yang sedikit mahal. Tetapi, bagaimana dengan owner yang memiliki kucing lebih dari 5 misalnya. Atau, owner yang memang memiliki hati yang baik menyelamatkan kucing-kucing jalanan di rumahnya. Tentunya mereka mereka harus mencari tahu cara membuat makanan kucing yang murah tapi tidak murahan. Melalui artikel ini kami dengan senang hati akan membagikan resep homenade cat food yang terjangkau.

Bahaya! Jangan Memberi Makan Kucing Sembarangan – Ini Alasannya

Cara Membuat Makanan Kucing Yang Murah

Pemilihan Bahan

Ikan tongkol adalah jenis ikan laut yang paling mudah didapat selain harganya murah. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, sebaiknya anda berbelanja sendiri ke pasar tradisional. Disini, anda bisa menawar sehingga bisa mendapatkan harga yang terbaik. Biasanya, jika sudah menjadi pelanggan tetap, anda akan sering mendapat bonus dari pedagangnya. Jangan lupa untuk mencuci bersih ikan tongkol tersebut dan rebus hingga matang.

Apabila tidak menemukan tongkol segar, bisa juga menggunakan ikan tongkol asap. Hanya saja, biasanya jenis ini mengandung garam. Oleh karena itu sebelum kita membuat makanan kucing yang murah ini, cuci tongkol asap dengan air hangat untuk menghilangkan kandungan garam. Terlalu banyak garam tidak baik bagi kucing karena dapat menyebabkan diare.

Bahan selanjutnya adalah tempe. Manfaat tempe rebus untuk kucing selain menyehatkan karena merupakan sumber protein hewani, juga bisa menyembuhkan kuicng mencret.

Agar kebutuhan nutrisi si mpus kesayangan juga tetap terpenuhi, anda bisa menambahkan minyak ikan.

Cara Membuat

Masukan setengah kilogram ikan tongkol dengan tempe rebus dan minyak ikan ke dalam satu wadah. Perbandingan tempe rebus dengan ikan tongkol adalah satu berbanding dua. Sedangkan untuk minyak ikan, anda bisa menggunakan 3/4 sendok teh setiap 500 gram tongkol. Gunakan blender jika anda kesulitan dalam menghaluskannya. Demikianlah cara membuat makanan kucing yang murah tapi tetap berkualitas. Jangan lupa untuk menyimpannya di lemari es.

Tips! 

  1. Biar penyimpanan makanan kucing ini lebih tahan lama, anda bisa menggunakan agar-agar tanpa warna. Caranya sama dengan membuat agar-agar pada umumnya sesuai dengan petunjuk di kemasan tetapi jangan diberi gula atau apapun. Setelah matang, anda bisa mencampurkannya dengan adonan makanan kucing murah yang sudah anda buat. Biarkan hingga dingin dan simpan dilemari pendingin.
  2. Anda juga bisa mengganti ikan tongkol dengan jenis ikan laut lain yang bisa anda jumpai di pasar tradisional. Usahakan pilih jenis ikan laut karena bau nya lebih menyengat.

Be the first to comment on "Begini Cara Membuat Makanan Kucing Yang Murah Berkualitas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*