Mau Tahu Cara Membuat Makanan Kucing Anggora Sendiri?

Kucing anggora termasuk ke dalam kategori kucing domestik dengan bulu panjang, terutama dibagian ekor dan leher. Angora cenderung memiliki bulu yang halus dan cantik tidak heran banyak orang menjulukinya sebagai kucing tercantik di dunia. Tentu, untuk menjaga agar bulunya tetap yang indah diperlukan perawatan yang baik, termasuk cara memberi makan. Makanan kucing angora berbeda dengan kucing bulu pendek atau kucing tanpa bulu. Banyak cat food kemasan khusus untuk kucing anggora yang anda bisa beli baik di supermarket maupun pet shop. Tetapi, bila anda ingin tahu cara membuat makanan kucing anggora sendiri di rumah, berikut kami akan bagikan resepnya.

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Makanan Kucing Kering Sendiri

Apa Saja Yang Diperlukan Kucing Anggora?

Kucing adalah salah satu hewan yang suka akan kebersihan. Mereka bisa membersihkan dirinya sendiri dengan cara menjilat bulu mereka dengan lidah yang memang didesain khusus seperti sikat. Nah, untuk jenis kucing dengan bulu panjang, terkadang mempunyai sedikit masalah. Mereka lebih rentan terkena hairball. Bulu mereka yang panjang terutama ketika musim rontok tiba, bisa lebih banyak tertelan saat grooming.

Sebenarnya hairball ini umum terjadi pada kucing. Tetapi jika terlalu banyak tetap saja bisa mengganggu aktivitas. Untuk itu, sebaiknya makanan kucing anggora harus mengandung bahan yang bisa mengurangi hairball pada kucing. Salah satunya adalah olive oil dan labu kuning. Olive oil juga bagus untuk bulu mereka agar terlihat mengkilau. Di alam liar mereka biasanya memakan rumput kucing atau wheat grass untuk mencegah hairball ini. Jadi, anda juga bisa menambahkannya sebagai salah satu bahan makanan kucing anggora yang akan anda buat.

Selain itu, pastikan protein yang terkandung dalam makanannya tidak kurang dari 40%. Penambahan minyak ikan juga bisa membantu membuat bulu nya lembut dan berkilau.

Cara Membuat Makanan Kucing Anggora Sendiri

Bahan-bahan:

  • Daging ayam/sapi/ikan yang sudah direbus atau kukus 1 cangkir
  • Labu kuning kukus 1/3 cangkir
  • Oatmeal/kentang/nasi merah 1/3 cangkir
  • Olive oil 1/2 sendok teh
  • Minyak ikan 1/2 sendok teh

Cara membuat:

Cara membuat makanan kucing anggora sendiri sangat mudah dan sederhana. Anda tinggal mencampurkan semua bahan dalam satu wadah dan menghaluskannya. Bisa juga dengan diblender agar lebih cepat. Untuk wheat grass atau rumpur kucing, mereka bisa memakannya dalam keadaan segar. Anda bisa menanam sendiri di halaman belakang atau dalam sebuah pot kecil yang disimpat di dalam rumah.

Tips! Jangan lupa untuk menyikat bulu mereka setiap hari dengan sikat khusus. Dengan demikian bulu yang termakan saat grooming dapat dikurangi.

Be the first to comment on "Mau Tahu Cara Membuat Makanan Kucing Anggora Sendiri?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*