Harus Tahu! Pertolongan Pertama Mengobati Luka Pada Anjing

Tidak ada yang tahu kapan kecelakan bisa terjadi pada anjing anda. Bisa saja tiba-tiba anjing anda tertabrak hingga mendapat luka memar atau keseleo. Bisa juga karena memakan sesuatu yang menyebab alergi dan gatal-gatal. Anjing anda kemudian menggaruknya hingga terluka dan berdarah. Sebagai owner yang baik, anda sebaiknya mengetahui cara mengobati luka pada anjing yang baik dan benar.

Hati-hati! Tidak Semua Obat Flu Manusia Bisa Digunakan Untuk Anjing

Jenis Luka Pada Anjing

Ada dua jenis luka yang bisa terjadi pada anjing anda, yaitu luka dalam dan luka luar.

Luka dalam kadang tidak terlihat dengan jelas. Kita akan mengetahuinya ketika anjing kita menunjukkan gejala yang tidak normal, seperti pincang atau menjilati bagian yang terluka. Anda baru sadar ketika mengeceknya. Luka dalam ini terjadi pada bagian dalam tubuh anjing, misal luka pada bagian otot dan memar. Pada bagian yang terluka biasanya akan tampak membengkak atau kulit terlihat berwarna hijau atau kebiruan. Luka memar kemungkinan bisa terjadi akibat keseleo atau tertimpa benda berat.

Sedangkan luka luar lebih mudah terdeteksi walau kadang tertutup bulu anjing juga. Luka luar ini bisa bisa terjadi akibat goresan benda tajam, gigitan anjing atau hewan lain, sampai infeksi karena jamur atau bakteri.

Cara Mengobati Luka Pada Anjing

Langkah 1

Pada saat anda mengetahui anjing anda terluka, usahakan agar dia tenang. Untuk mencegah anjing menggigit karena kesakitan, anda bisa memakaikannya penutup mulut. Kemudian amati jenis lukanya. Apakah itu luka memar, luka karena infeksi jamur, atau hanya luka goresan saja. Untuk memar, anda bisa mengompres bagian tubuh yang luka dengan es yang dibungkus oleh plastik. Usahakan anjing anda untuk diam, tidak banyak bergerak. Segera hubungi dokter dan meminta saran tentang pemberian antibiotik. Untuk pengobatan luka luar pada anjing, lanjukan ke langkah 2.

Langkah 2

Sebelum memberikan obat luka untuk anjing, guntinglah bulu di sekitar luka tersebut. Anda bisa menggunakan gunting biasa atau shaver untuk mencukur rambut. Pastikan anda mencuci gunting tersebut dengan cairan antiseptik.

Langkah 3

Siapkan air dengan suhu hangat-hangat kuku sekitar satu cangkir. Masukan setengah sendok teh penuh garam dapur, larutkan. Masukan handuk bersih kedalam air garam terebut dan gunakan untuk mencuci luka. Lakukan secara lembut dan perlahan 2 – 3 kali. Alternatifnya, anda juga bisa mengganti garam dengan cairan antiseptik unutk membasuh luka.

Catatan! Jangan menggunakan alkohol, shampo, hydrogen peroxide, minyak grean tea atau sabun untuk mencuci luka pada anjing.

Langkah 4

 

Untuk luka kecil hingga sedang, anda bisa menggunakan obat-obatan luka untuk anjing seperti antispetik, propolis dan sebagainya. Gunakan 2 – 3 kali sehari. Anda bisa memakaikan E Collar yang dipasang dileher untuk menghindar si doggie menjilati lukanya.

Tetapi, apabila luka yang dialami anjing anda cukup besar, anda bisa menghentikan darah sementara dengan menempelkan handuk bersih pada bagian yang luka. Kemudian tekan bagian tersebut dengan ibu jari anda. Selanjutnya, hubungi dokter hewan terdekat secepatnya.

Be the first to comment on "Harus Tahu! Pertolongan Pertama Mengobati Luka Pada Anjing"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*