Luka Pada Anjing Anda Bernanah? Begini Cara Mengobatinya

Luka pada anjing jika tidak segera diatasi bisa berbahaya. Luka kecil bisa menjadi berbahaya apabila bakteri sudah masuk dan menginfeksi luka tersebut. Bakteri akan terus menyebar ke sekitar luka, menyebabkan peradangan, dan infeksi. Tanda bahwa anjing anda mengalami infeksi adalah adanya cairan kuning kehijauan disekitar luka, yang disebut nanah. Luka bernanah ini akan terasa sakit dan akan semakin berbahaya jika sudah masuk ke dalam aliran darah. Bagaimana cara mengobati luka bernanah pada anjing? Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Unik! Kumpulan Anjing Kampung Lucu Ini Bikin Meleleh

Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Anjing

Langkah 1: Pemeriksaan

Begitu anda menemukan anjing dengan luka bernanah, tenangkan dan baringkan anjing tersebut ditempat yang nyaman. Gunakan penutup mulut untuk mencegah dia menggigit anda, karena luka bernanah ini terasa sakit sekali. Lihat seberapa besar dan parah luka tersebut terinfeksi. Jika luka tidak terlalu besar dan belum sampai menginfeksi terlalu dalam, bersihkan luka tersebut.

Tahap 2: Membersihkan Luka

Sebelum membersihkan luka, cucilah tangan anda dengan alkohol terlebih dahulu agar steril. Anda bisa juga menggunakan sarung tangan plastik yang biasa digunakan di rumah sakit. Siapkan air hangat yang telah dicampur cairan antiseptik dna handuk bersih. Bisa juga mengganti antiseptik dengan garam yang dilarutkan pada air hangat tersebut. Basahi handuk dengan air hangat dan gunakan untuk membasuh luka bernanah pada anjing.

Tahap 3: Pemberian Obat

Setelah dibersihkan anda bisa memberikan obat luka untuk anjing pada bagian tersebut. Tetapi disarankan untuk membawanya ke dokter hewan untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih detil. Pemberian antibiotik bisa dilakukan dengan sepengetahuan dokter hewan.

Alternatif lain, anda bisa melakukan cara mengobati luka bernanah pada anjing dengan bahan alami. Caranya dengan menumbuk kunyit yang telah dicuci bersih hingga halus. simpan diatas daun pisang dan kukus sekitar 5-10 menit. Tunggu sampai hangat-hangat kuku, lalu kompreskan kunyit tersebut pada bagian yang terluka. Ulangi 1 – 2 kali sehari.

Jika Luka Bernanah Berada Di Dalam Tubuh

Infeksi tidak hanya terjadi untuk luka luar saja, tetapi di dalam tubuh juga. Bagaimana cara mengobati luka bernanah pada anjing yang tersembunyi di balik tubuhnya? Luka seperti ini tentu tidak bisa terdeteksi oleh mata kita begitu saja, tetapi anda bisa melihat gejala yang ada.

Gejala Luka Bernanah Pada Anjing

  • Adanya pembengkakan disekitar bagian tubuh yang terinfeksi.
  • Anjing mengalami demam.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Menjadi tiba-tiba agresif terutama ketika anda menyentuh bagian tubuh yang luka.
  • Anjing terlihat lesu.

Cara Mengobati Luka Nanah Pada Anjing

Cara yang terbaik untuk mengatasi infeksi yang terjadi di dalam tubuh anjing adalah membawanya ke dokter hewan dengan segera. Terutama jika anjing anda sudah menunjukan gejala deman dan lesu. Dokter akan melakukan diagnosa lebih lanjut. Jika luka nanah tersebut ringan seperti hanya bisul yang bernanah, dokter biasanya akan mengeluarkan semua cairan tersebut. Selanjutnya, akan diberikan obat antibiotik yang dimakan dan ditabur untuk mengeringkan lukanya. Untuk kasus yang lebih serius, kemungkinan besar jalan operasi harus dilakukan.

Be the first to comment on "Luka Pada Anjing Anda Bernanah? Begini Cara Mengobatinya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*