Wajib Tahu! Jenis-jenis Obat Luka Untuk Anjing

Obat luka adalah salah satu item yang harus tersedia dikotak obat anjing kesayangan anda di rumah. Kita tidak tahu kapan mereka terluka, sehingga menyediakan obat luka untuk anjing adalah wajib. Mereka bisa terluka karena berbagai sebab, misal karena tergores tanaman, digigit serangga, berkelahi dengan hewan lain, dan sebagainya. Bisa juga karena penyakit kulit seperti scabies atau alergi yang kemudian mereka garuk sehingga menyebabkan luka dan infeksi. Seperti apa sih obat luka yang bagus untuk anjing? Apakah kita bisa memberikan obat-obatan untuk manusia juga untuk mengobati luka pada anjing?

Jenis-jenis Obat Luka Untuk Anjing

Obat Antiseptik Spray Khusus Untuk Anjing

Seperti antiseptik untuk manusia, obat ini juga berfungsi untuk membantu luka pada anjing cepat kering. Lebih lanjut, obat luka untuk anjing ini akan membantu mencegah terjadinya infeksi dan membuat luka sembuh secara alami. Kelebihan lain dari antispetik spray ini adalah penggunaannya yang lebih mudah dan praktis dalam pemakaian. Terutama untuk anjing yang aktif dan sulit diatur. Bila anda menemukan luka pada anjing anda, gunting bulu di sekitar luka tersebut dan semprotkan obat antiseptik ini. Ulangi 1 – 2 kali sehari.

Obat Antibiotik

Antibiotik juga bisa digunakan sebagai obat luka pada anjing. Obat ini bisa digunakan baik sebagai obal luar maupun obat dalam. Tetapi, tidak semua jenis antibiotik bisa digunakan untuk mengobati luka pada anjing. Dan, penggunaannya pun harus sesuai dengan petunjuk dokter dan tidak bisa sembarang. Salah satu antibiotik yang bisa digunakan untuk luka anjing adalah amoxilin. Untuk luka luar yang tidak terlalu parah anda cukup menggunakannya sebagai obat luar. Caranya dengan menggerus amoxilin hingga menjadi serbuk dan taburkan pada luka.

Apa Saja Sih Obat Alami Untuk Anjing Yang Flu Dan Pilek? Berikut Listnya

Propolis

Propolis dikenal dapat menyembuhkan luka dan infeksi bahkan sejak jaman Yunani dan Mesir kuno. Propolis adalah semacam getah yang dihasilkan oleh lebah madu dari berbagai pohon untuk menutupi atai memperbaiki sarangnya. Dibandingkan dengan antibiotik, propolis ini lebih aman digunakan sebagai obat pengering luka pada anjing. Bahkan, untuk luka jahitan bekas operasi juga akan cepat sembuh dengan menggunakan obat ini. Anda cukup mengoleskannya pada bagian yang terluka pada anjing anda sekitar 1 – 2 kali sehari.

Obat Luka Alami Untuk Anjing

Jangan khawatir jika cadangan obat antiseptik di kotak P3K anjing anda habis atau anda tidak memiliki propolis di rumah. Anda bisa mengobati luka pada anjing dengan cara tradisional. Selain lebih aman, cara alami dan tradisional ini cukup efektif untuk menyembuhkan luka. Anda bisa menggunakan kunyit sebagai obat luka alami untuk anjing. Ambil kunyit secukupnya, cuci bersih lalu tumbuk hingga halus. Selanjutnya, ambil daun pisang secukupnya juga sebagai pengganti perban. Letakkan kunyit yang sudah ditumbuk halus tersebut diatas daun pisan dan kukus sebentar (kurang lebih 5 – 10 menit). Kompreskan pada bagian yang terluka. Kunyit ini juga cukup ampuh dalam mengobati luka bernanah pada anjing.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*