Anda Pelihara Toy Poodle? Ini Cara Merawatnya.

JENIS anjing satu ini memang terbilang sangat lucu, dengan ciri khas bulu yang keriting dengan warna unik. Apalagi kalau bukan Toy Poodle. Hewan ini masuk kategori peliharaan favorit sebagian orang di Indonesia.

Karakter anjing toy poodle cerita dan pintar. Jenis hewan ini tergolong selalu ingin hidup sehat, meski memasuki masa tua, anjing ini mudah sakit-sakitan sehingga perlu pendampingan dari dokter hewan secara rutin.

Memelihara anjing lucu ini memang harus memiliki kemampuan finansial yang mencukupi karena mahalnya biaya perawatan mereka. Tapi, bukan berarti tak bisa Anda lakukan sendiri, lho. Berikut tips merawat toy poodle.

Cek bulu anjing secara rutin

Anjing satu ini memiliki bulu yang keriting yang terus bertumbuh. Karena itu, perlu pemotongan bulu secara rutin agar lebih rapih dan bersih. Ini juga untuk menghindari kotoran menempel. Karena, berbeda dengan anjing lain, saat bulu toy poodle rontok sering kali tersangkut pada lapisan bulu yang lain. Ini artinya bulu poodle mudah kusut.

Lakukan grooming setiap hari

Luangkan beberapa menit setiap hari untuk grooming anjing toy poodle Anda. Hal ini bertujuan untuk menguraikan bulunya dari kekusutan. Ini sekaligus menjadi bentuk kasih sayang serta perhatian Anda kepada mereka.

Berikan makan sesuai porsi

Anjing jenis toy poodle membutuhkan tingkat protein, kalori dan nutrisi yang berbeda-beda tergantung umurnya. Berikan makanan sehat kepada mereka. Ada dua jenis makanan untuk anjing ini yakni kering dan basah. Namun disarankan memberikan jenis kering karena bagus untuk kesehatan gigi mereka, meski jenis basah lebih disukai.

Siapkan banyak minum

Toy poodle merupaka anjing yang ceria dan aktif. Karena itu, pastikan Anda menyiapkan minuman yang cukup untuk mereka agar terhindar dari dehindrasi. Jangan lupa selalu bersihkan tempat minum mereka secara rutin untuk menjaga kebersihannya dan bakteri tak mudah menempel di sana.

Perhatikan kebersihan lingkungannya

Seperti kebanyakan orang akan menyarankan agar hewan peliharaan dijaga kebersihannya. Salah satu yang harus diingat adalah kandang serta tempat mereka buang air. Bersihkan kandang anjing Anda secara rutin dan ganti alas tidur mereka. Begitu juga tempat makan dan minumnya.

Ajak bermain

Ini juga berperan penting bagi tumbuh kembang anjing. Ingat, jenis hewan peliharaan satu ini sangat aktif dan gemar bermain, jadi tidak ada salahnya Anda menjadi patner mereka bersendagurau. Ajak juga anjing toy poodle berjalan-jalan, tapi jangan terlalu sering karena jenis bulu mereka sensitif dengan kotoran yang menempel.

Be the first to comment on "Anda Pelihara Toy Poodle? Ini Cara Merawatnya."

Leave a comment

Your email address will not be published.


*