Anjing Mendadak Lesu? Waspada Gejala Anjing Cacingan

Memiliki anjing peliharaan memang memiliki daya tarik tersendiri dan menyenangkan terutama saat anjing bisa diajak bermain. Namun pernahkah anjing anda mengalami perubahan hingga tidak bisa diajak bermain lagi? Waspadalah mungkin anjing peliharaan anda sedang terkena suatu penyakit seperti cacingan.

Beberapa jenis cacing dapat menginfeksi anjing kesayangan anda diantaranya adalah cacing pita, cacing tambang, cacing gelang, cacing pipih, dan cacing jantung. Apakah jenis cacing tersebut berbahaya? Semua jenis penyakit yang disebabkan oleh cacing tersebut tentunya berbahaya bila dibiarkan tanpa pertolongan. Bahkan dalam beberapa kasus parah anjing peliharaan bisa meninggal akibat dari infeksi cacing.

Baca Juga! Terinfeksi Cacing? Obat Cacingan Anjing Wajib Dimiliki

Mengingat pentingnya merawat anjing terutama dari cacing maka anda harus mengetahui lebih dalam tentang gejala anjing cacingan. Jika gejala berikut ini menimpa anjing kesayangan anda, maka sebaiknya segera periksa ke dokter hewan.

Muntah

Anjing peliharaan yang terinfeksi oleh cacing gelang biasanya sering mengalami muntah.

Batuk

Banyak faktor yang dapat menyebabkan anjing batuk, salah satunya adalah infeksi cacing tambang dan cacing gelang.

Diare

Pada umumnya diare pada anjing disebabkan oleh infeksi cacing. Selain itu tinja yang keluar biasanya lunak dan dapat diperparah dengan keluarnya darah.

Kurang aktif

Gejala cacingan paling menonjol dan dapat kita rasakan adalah anjing menjadi kurang aktif dari biasanya. Hal ini bisa disebabkan oleh cacing pita yang terus mengambil nutrisi dalam usus sehingga membuat anjing kekurangan nutrisi. Jika terus dibiarkan, anjing akan mengalami penurunan berat badan secara berkala.

Gatal pada bagian pantat

Biasanya anjing akan menggesek-gesek ujung duburnya ke tanah atau lantai karena gatal. Hal ini disebabkan oleh cacing yang berada pada daerah tersebut.

Ada cacing pada kotoran

Jika anda menemukan cacing pada kotoran kemungkinan besar anjing anda sudah terinfeksi oleh cacing gelang.

Gejala-gejala anjing diatas merupakan gejala yang paling umum ditemukan pada anjing. Terlepas dari itu, salah satu cacing yang sangat berbahaya adalah jenis cacing jantung karena dapat menyebabkan kematian. Infeksi dari cacing jantung cukup sulit diidentifikasi karena tidak memberikan gejala awal. Mereka dapat diidentifikasi menggunakan peralatan yang dimiliki oleh dokter hewan seperti, pemeriksaan darah, X – Ray dan USG. Cacing jantung dapat merusak organ vital anjing seperti jantung, hati, dan ginjal. Bahkan bila anjing sudah terinfeksi cukup parah, maka biasanya diperlukan operasi untuk menyelamatkan anjing dari infeksi cacing jantung.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*