Anjing Pintar ini Cocok Jadi Teman Main Anda

TENTU mengasyikan bila Anda memiliki anjing pintar yang selalu bisa diajak bermain. Kalau memang seperti itu, coba pilih anjing pomeranian, atau lebih akrab disebut mini pom. Kepribadiannya yang bersahabat sangat cocok bagi para pencinta anjing yang selalu ingin mengajak hewan peliharaanya bermain bersama.

Anjing mini pom berasal dari Jerman dan Polandia. Secara fisik, binatang ini memang bertubuh kecil, namun memiliki bulu lebat, apalagi di bagian leher, seperti halnya singa. Namun, moncong hewan ini sangat khas mirip sekali rubah. Mereka juga memilik varian warna yang menarik, seperti putih, krem, coklat, dan hitam.

Bagi Anda yang berminat memelihara mini pom, aturan pertama dalam perawatannya adalah niat. Sebab, banyak orang memeliharan anjing hanya karena sekedar iseng atau musiman saja, setelah beberapa lama, mereka bosan, maka anjing mulai terlantar. Bila sudah komitmen ingin memelihara anjing, maka persiapkan hal-hal di bawah ini.

1. Persiapkan kandang

Meski anjing mini pom ini mudah stress saat dikurung di dalam kandang, namun saat memeliharan hewan ini, Anda tetap harus menyiapkan kandang. Fungsinya adalah sebagai tempat istirahatnya. Biasakan anjing Anda tidur di dalam kandang, bukan di sofa, atau karpet rumah.

Namun, bila mereka mulai rewel ketika Anda kurung dengan menggonggong berlebihan, tandanya mereka minta keluar dari kandangnya. Bila mini pom Anda sudah paham tempat tinggalnya, maka biarkan pintu kandang terbuka sehingga mereka bisa keluar masuk sesuka hatinya.

Karena kandang akan menjadi tempat tidut bagi anjing, maka kenyamanan mereka merupakan hal wajib dipenuhi. Tak perlu sulit, siapkan saja alas dari handuk atau kain tebal agar anjing lebih hangat. Bersihkan alas tersebut secara rutin agar anjing mini pom Anda tak mudah terjangkit bakteri.

2. Perhatikan pakan

Anjing mini pom harus memiliki porsi makan yang cukup. Setidaknya berikan asupan tersebut 3 kali sehari. Jangan lupa siapkan tempat makan untuk mereka sebagai wadahnya. Pakan anjing ini tak terlalu sulit, berikan saja dog food di petshop.

Hindari memberi anjing makanan manusia, karena ini berkaitan dengan masalah kebutuhan nutrisi bagi mereka. Sedangkan, konsumsi bagi kita, tak baim bagi mini pom karena dapat menimbulkan plak pada gigi dan berpotensi menimbulkan sakit gigi.

3. Perlihatkan kasih sayang

Anjing mini pom tergolong pintar, namun aktif. Mereka juga senang dekat dengan pemilik atau pengasuhnya. Jadi luangkan waktu untuk mengajak mereka berjalan-jalan. Momen ini bisa juga dipakai untuk melatih anjing agar paham dan menuruti perintah Anda.

Misal, mengajarkan anjing untuk tidak buang air sembarangan. Berikan pujian kepada mereka bila mau mengikuti kemauan Anda sehingga anjing lebih memiliki pemahaman yang baik. Kemudian, siapkan waktu rutin untuk memandikan anjing. Bila sudah terbiasa, bermain air adalah hal menyenangkan bagi mereka.

Anjing pom memiliki bulu yang lebat sehingga sebaiknya disisir minimal 2 hari sekali agar tidak kusut. Ini juga menunjukan rasa kasih sayang Anda kepada hewan ini.

Be the first to comment on "Anjing Pintar ini Cocok Jadi Teman Main Anda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*