Begini Tips Cara Memperlancar Moulting Udang Yang Benar

Cara Memperlancar Moulting Udang. Tahap yang paling penting dalam budidaya udang adalah molting. Apakah itu? Molting atau sebagian menulisnya moulting adalah pergantian kulit luar atau cangkang. Lapisan luar udang ini berfungsi sebagai pelindung, tetapi disisi lain bisa menghambat pertumbuhannya. Ketika cangkang mengeras, ukuran tubuh udang tidak akan bisa berkembang lagi karena dibatasi oleh cangkang tersebut. Oleh sebab itu, udang perlu melepaskan cangkang lamanya agar mereka bisa tumbuh besar. Cangkang lama ini kemudian akan digantikan dengan yang baru sesuai ukuran tubuhnya.

Tahapan Moulting Udang Vaname

Sebelum udang siap moulting (pre-molt), tubuhnya akan membesar karena menyerap air lebih banyak. Pada tahap ini, nafsu makan udang menjadi berkurang. Anda bisa melihat cangkang yang mulai mengeras pada tahap ini.

Pada fase berikutnya, udang mempersiapkan kulit cangkangnya agar siap dilepaskan (fase inter-molt). Pada saat ini, nafsu makannya stabil atau berada pada tingkat maximum. Kemudian, perut udang akan mengecil, bagian kepala membesar, dan menggeliat atau bahkan melompat untuk memudahkan melepaskan cangkang dari tubuhnya.

Fase terakhir adalah post-molt, yaitu ketika cangkang sudah terlepas. Pada tahap ini biasanya udang akan terdiam lemas didasar kolam selama 3-4 jam. Biasanya udang tidak akan makan atau aktifitas makannya sangat sedikit sekali.

Cara Memperlancar Moulting Udang

Meskipun moulting merupakan proses alami dan sangat penting pada udang, tetapi tidak selamanya berjalan lancar. Jika udang gagal dalam melakukan molting, artinya cangkang lamanya tidak bisa terlepas, maka tubuhnya akan tetap kecil (kerdil). Selain itu, cangkang yang tidak terlepas dalam waktu lama bisa ditumbuhi lumut. Bagaimana cara memperlancar moulting udang?

Jaga Udang Agar Tidak Stres

Stres pada udang bisa menyebabkan pertumbuhannya terhambat dan udang rentan terkena penyakit. Penyebab stres pada udang antara lain faktor perubahan suhu yang ekstrim dan terlalu cepat, perubahan pH air yang terlalu cepat, kualitas pakan, dan sebagainya. Agar moulting udang lancar, pertama, pastikan selalu mengecek pH air tambak secara berkala. Perhatikan pula kualitas makanannya, jangan sampai memberikan pakan yang sudah berjamur.

Rutin Melakukan Pengecekan

Dengan menggunakan metode sampling pada tambak, lakukan pengecekan secara reguler untuk melihat tahapan moulting. Apakah cangkangnya sudah mulai mengeras atau cangkangnya sudah mulai dilepaskan. Dengan melakukan pengecekan secara rutin, kita juga bisa mengamati apakah pertumbuhannya normal atau tidak. Ini juga merupakan salah satu cara memperlancar moulting udang.

Atur Pemberian Makan Sesuai Tahapan Moulting

Dengan melakukan pengecekan secara rutin, anda bisa mengetahui tahapan-tahapan molting udang. Dengan begitu, anda bisa mengatur jumlah pakan sesuai tahapannya. Misal, pada tahap pre-molt, biasanya udang hanya makan sedikit. Sebaliknya, pada fase inter-molt, aktifitas makan mereka berada pada tingkat maksimum.

Pemberian Nutrisi Tambahan

Memberikan nutrisi tambahan terutama Kalsium dan fosfor baik pada makanannya maupun pada air tambak, bisa membantu perkembangan cangkang baru. Selain itu, pemberian mineral penting, protein, dan zat-zat nutrisi lainnya pada air tambak juga merupakan cara memperlancar moulting udang.

Be the first to comment on "Begini Tips Cara Memperlancar Moulting Udang Yang Benar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*