Panduan Lengkap Cara Dropship Di Bukalapak

Cara Dropship Di Bukalapak. Ada banyak cara untuk memulai bisnis online di jaman sekarang ini. Salah satunya adalah menjadi reseller atau dropshipper. Anda tidak memerlukan modal besar atau keahlian khusus dalam hal ini. Cukup dengan kemauan keras dan mau belajar hal baru. Apabila anda belum pernah berjualan online sebelumnya, menjadi dropshipper adalah langkah yang tepat untuk memulai. Dan, tempat yang paling baik untuk memulainya adalah melalui marketplace – marketplace populer seperti Bukalapak. Jika masih bingung cara dropship di Bukalapak, ikuti saja panduan lengkap dan mudah di bawah ini.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Dropship Di Shopee

Cara Dropship Di Bukalapak

Mencari Supplier

Bukalapak merupakan sebuah marketplace besar dan terkenal yang di dalamnya terdalam berbagai jenis produk dan seller. Anda bisa menemukan produk kosmetik hingga dekorasi rumah. Seller yang berjualan disini juga bermacam-macam, dari mulai supplier, reseller tangan pertama, hingga para dropshipper. Anda bisa mencari rekanan bisnis dropship, dalam hal ini supplier, melalui Bukalapak. Caranya?

1.Ketik kata kunci produk yang ingin anda cari di tab pencarian di bagian paling atas laman Bukalapak. Atau, scroll ke bawah sampai anda temukan bagian “Kategori” dan klik jenis produk yang diinginkan.

2. Di laman berikutnya, anda bisa mencari supplier berdasarkan “Barang” atau “Pelapak”.

3. Jika anda mencari berdasarkan “Barang”, klik bagian “Urutkan” dan pilih “Termurah” dengan begitu anda bisa mencari supplier mana yang menawarkan harga paling murah.

4. Pilihlah supplier yang memiliki jumlah feedback terbanyak dengan rating diatas 80%.

5. Luangkan waktu untuk membaca review-review dari customer mereka, sehingga anda bisa menilai sendiri apakah supplier tersebut tepat untuk dijadikan rekan bisnis dropship atau tidak.

6. Setelah anda menetapkan beberapa calon supplier, hubungi mereka untuk menanyakan mengenai syarat dan ketentuan menjadi dropshipper.

Buat Toko Di Bukalapak

Anda bisa membuka toko online di berbagai marketplace, termasuk Bukalapak sendiri. Marketplace sudah berusia 8 tahun ini, diklaim mempunyai pengguna aktif hingga 35 juta per bulannya. Hal itu menunjukan, Bukalapak merupakan tempat yang sangat strategis untuk berjualan. Bagaimana  cara membuat toko di Bukalapak?

1.Jika anda sudah mempunyai akun pribadi di Bukalapak, sebaiknya buat akun baru yang khusus untuk berjualan. Siapkan nama toko yang menarik dan gampang diingat.

2. Akses https://www.bukalapak.com/ dan klik “Daftar Sekarang” di bagian paling bawah.

3. Anda bisa menggunakan nama, email, atau nomor telepon toko online anda atau nama lain. Tetapi, di tab URL untuk toko online, sebaiknya gunakan nama toko. Misal, Bukalapak.com/ideaksi_shop. Lengkapi dengan password, lalu klik “Daftar”.

4. Setelah proses pendaftaran selesai, lengkapi profil toko anda, dari mulai logo, deskripsi mengenai toko (jadwal buka-tutup, kebijakan toko, dan sebagainya), nomor kontak, dan lainnya. Jangan lupa untuk menyeting lokasi toko anda sesuai dengan lokasi supplier. Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi ongkos kirim yang dibayarkan customer.

5. Untuk mengupload foto produk, klik bagian “Lapak Saya” dan pilih “Jual Barang”.

6. Foto produk bisa anda download dari lapak supplier. Sebaiknya cari foto yang tidak ada watermark nama toko suppliernya atau cari yang sekiranya bisa diedit. Jika tidak menemukan, anda bisa meminta foto asli langsung kepada supplier melalui chat pribadi.

Upgrade Ke Premiun Account

Cara dropship di Bukalapak berikutnya adalah mengupgrade keanggotaan anda ke Premium Account. Hal ini sangat disarankan bagi pelapak baru untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Apalagi jika supplier anda juga mempunyai toko di marketplace ini. Anda akan bersaing dengan supplier yang tentunya memiliki harga lebih murah dan rating lebih bagus.

Premium Account menawarkan berbagai fasilitas, diantaranya: Badge Pelapak Premium yang akan membuat toko anda lebih terpercaya, Prioritas Promoted Push, Skor Performa Lapak, dan sebagainya. Fitur-fitur di Premium Account tersebut bisa membuat toko anda terlihat lebih unggul dari para kompetitor dan menjangkau customer lebih banyak lagi.

Manfaatkan Fitur BukaIklan

Ada satu fitur lagi yang bisa anda manfaatkan untuk perkembangan toko anda, yaitu BukaIklan. Ini merupakan cara dropship di Bukalapak yang cukup efektif bagi pemula. Melalui fitur BukaIklan ini, toko anda bisa lebih cepat dilihat oleh jutaan orang di Google dan Facebook. Dengan begitu, peluang anda untuk mendapatkan banyak pelanggan semakin besar. Anda perlu mengeluarkan uang untuk BukaIklan dan upgrade ke Premium Account. Tetapi, hal ini akan sebanding dengan peluang yang akan anda peroleh untuk kemajuan toko online.

Cara Mengelola Pesanan

Kita sudah berbicara mengenai cara mencari supplier, buka toko, dan promosi. Lalu, bagaimana jika customer yang membeli produk yang ada di toko online anda? Sementara, sebagai dropshipper, anda tidak memiliki barang tersebut. Anda tidak perlu bingung, karena caranya sangat mudah. Pertama, hubungi supplier anda melalui fitur chat Bukalapak atau jika anda memiliki nomor kontak lain lebih baik. Tanyakan apakah barang yang anda maksud tersedia?

Ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Kemungkinan pertama, barang tersedia dan siap dikirim kapanpun anda mau. Kedua, produk yang dimaksud kosong sama sekali atau hanya tersedia varian tertentu.

Pada kasus yang kedua, anda tidak perlu panik. Tetaplah tenang dan tawarkan pilihan varian lain yang tersedia, atau model lain yang sebanding. Apabila, customer meminta dibatalkan, lakukan proses pembatalan secepatnya. Satu hal yang pasti, anda harus merespon masalah ini secepat yang anda bisa dan kebanyakan customer akan menghargainya dengan baik.

Langkah-langkah memesan barang di lapak supplier:

1.Masuk ke lapak supplier dan klik produk yang ingin anda beli.

2. Klik “Beli Sekarang” dan lengkapi semua formulir pembelian.

3. Ceklist bagian “Kirim Sebagai Dropshipper” yang terdapat di bagian bawah alamat pembeli.

4. Pastikan menulis alamat customer anda dengan lengkap, termasuk kode post dan nomor telp.

5. Pada bagian “Catatan”, jangan lupa tulis pesan “Dropship, atas nama toko anda berikut nomor teleponnya”.

6. Hubungi supplier melalui fitur Chat untuk mengkonfirmasi bahwa mereka menerima pesan anda dengan baik.

Demikianlah panduan lengkap cara dropship di Bukalapak. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment on "Panduan Lengkap Cara Dropship Di Bukalapak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*