Panduan Lengkap Cara Dropship Di Shopee

Cara Dropship Di Shopee. Ada banyak market place maupun e-Commerce yang bisa anda manfaatkan untuk berbisnis dropship. Salah satunya adalah Shopee, sebuah market place yang ide utamanya berbasis pada platform aplikasi smartphone. Meskipun demikian, anda juga bisa mengasksesnya melalui komputer, tetapi kurang optimal. Idenya adalah memudahkan pengguna untuk menjual maupun membeli barang melalui ponsel. Aplikasi jual-beli ini baru diperkenalkan di Indonesia pada akhir tahun 2015, namun penggunanya sudah mencapai jutaan dan berhasil menjadi salah satu market place terkenal di Indonesia. Hal inilah yang membuatnya sangat potensial sebagai tempat untuk melakukan online shop, termasuk bisnis dropship. Ingin tahu cara memulai bisnis dropship di Shopee? Ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Dropship Tanpa Modal

Langkah Mudah Cara Dropship Di Shopee

Download Aplikasi Shopee

Langkah pertama tentu saja mendownload aplikasi Shopee di smartphone melalui Play Store untuk pengguna Android, atau App Store untuk iOS. Setelah itu, lakukan registrasi dengan mencantumkan nomor telpon, email, dan nama toko.

Tips:

  1. Sebelum melakukan registrasi sebaiknya persiapkan smartphone dan nomor telp khusus untuk keperluan bisnis, sehingga tidak bercampur dengan kontak pribadi.
  2. Siapkan pula nama toko online yang menarik dan mudah diingat oleh customer. Sebaiknya, nama tersebut terintegrasi juga dengan akun media sosial, untuk keperluan promosi.

Tentukan Jenis Produk

Apabila anda masih bingung dalam memilih produk apa yang akan dijual di toko online, anda bisa mengakses bagian “Pencarian Populer” di halaman utama Shopee. Di bagian ini, anda bisa melihat produk apa yang sedang populer dan banyak dicari para pengguna aplikasi ini. Hal ini bisa membantu anda dalam memilih produk jualan.

Tips: 

Memilih dan fokus pada satu jenis produk akan membuat toko anda terlihat lebih profesional. Misal, fokus pada produk tas dan sepatu saja akan lebih terlihat lebih baik daripada mencampurnya dengan produk rumah tangga, makanan, dan jenis produk lainnya.

Mencari Supplier

Cara dropship di Shopee selanjutnya adalah mencari supplier. Anda bisa mencari supplier di market place yang sama atau di tempat lain. Ada banyak seller di Shopee, dari mulai produsen, pemasok utama, reseller tangan pertama, dan sebagainya. Yang harus dilakukan adalah mencari seller yang menjual produk yang anda inginkan dengan harga termurah.

Langkah-langkah:

1.Ketuk salah satu jenis produk di “Bagian Populer” atau ketik kata kunci produk di kolom pencarian. Setelah itu, akan mucul semua produk terkait.

2. Ketuk bagian “Harga” dan pilih “Harga Rendah Ke Tinggi”.

3. Cari seller yang memiliki jumlah penjualan yang banyak, penilaian tidak kurang dari 4 dari 5, review atau komen dari customer yang baik, dan presentasi chat di balas diatas 75%.

4. Setelah menetapkan calon supplier, saatnya mengirimkan pesan. Anda bisa mengirimkan pesan pribadi dan menanyakan apakah mereka membuka program dropshipper. Jika ya, tanyakan pula mengenai harga reseller dan prosedurnya (pengiriman barang, resi, dan pengembalian barang). Biasanya, mereka memberikan harga khusus untuk reseller atau dropshipper.

Menemukan supplier yang tepat, mungkin akan memakan waktu cukup lama. Tetapi, hal ini layak untuk kemajuan bisnis dropship anda.

Upload Produk

Saatnya memulai bisnis dropship di Shopee. Caranya tidak sulit kok. Anda bisa mengunduh gambar produk dari supplier ke ponsel. Usahakan mencari gambar yang tidak ada watermark nya atau yang sekiranya bisa di edit. Jika tidak menemukannya di lapak supplier, anda bisa menghubunginya melalui fitur Chat atau Whatsapp dan meminta foto produk asli tanpa watermark. Setelah gambar berhasil diupload, jangan lupa memberi deskripsi selengkap-lengkapnya. Anda bisa copy paste dari lapak supplier atau menggunakan kata-kata sendiri.

Kelola Toko

Salah satu keunggulan berjualan di aplikasi smartphone adalah pengelolaan toko yang lebih mudah. Anda bisa memantau penjualan, mengupdate produk, promosi, dan sebagainya, dimanapun setiap saat. Jangan lupa mengaktifkan notifikasi untuk aplikasi Shopee di ponsel anda. Apa saja hal penting yang harus dilakukan untuk mengelola toko?

Promosi

Shopee memiliki fitur “Naikan Produk” untuk menaikan produk anda ke bagian teratas pencarian secara gratis. Namun, anda harus mem-push nya setiap 4 menit sekali. Bila toko anda terbilang masih baru, akan lebih baik jika menggunakan fasilitas iklan berbayar. Jangan lupa pula untuk selalu mengecek stok barang.

Profil Toko

Perbaiki profil toko, mulai dari mencantumkan logo, deskripsi mengenai toko, kebijakan dan jadwal buka toko, dan sebagainya. Hal ini bisa membuat toko anda terlihat profesional dan anda serius dalam mengelola toko.

Auto-Reply Chat

Memanfaatkan fitur Auto-reply chat ini juga sangat membantu anda dalam mengelola toko, terutama pada saat anda menerima banyak pesan dari customer. Caranya adalah dengan mengetuk bagian “Pengaturan chat” di laman “Profil Toko”. Kemudian, tulis pesan seperti “Hi, selamat datang di … (nama toko). Ada yang bisa kami bantu?”, atau semacamnya.

Lokasi Pengiriman

Langkah yang sangat penting dari cara dropship di Shopee ini tidak boleh terlewatkan. Lokasi pengiriman ini berpengaruh terhadap ongkos kirim yang akan dibayarkan customer. Selain itu, mereka juga akan kebingungan jika lokasi pengiriman yang tercantum di toko anda berbeda dengan yang tercantum di resi. Oleh karena itu, pastikan anda mencantumkan lokasi pengiriman yang sama dengan supplier anda.

Cara Mengelola Pesanan

Hal yang paling menyenangkan bagi toko yang baru saja buka adalah mendapatkan customer pertama. Anda mungkin akan senang sekaligus bingung karena ini pertama kalinya anda akan mendapat pesanan. Jangan panik.

Ada dua kemungkinan berkaitan dengan pesanan. Pertama, customer yang langsung melakukan transaksi tanpa menanyakan ketersediaan barang terlebih dahulu. Kedua, customer yang bertanya terlebih dahulu mengenai kualitas produk dan ketersediaannya. Untuk yang kedua, sebelum anda menghubungi supplier terlebih dahulu untuk memastikan barang tersedia. Begitu pula dengan kasus pertama. Apabila pada kasus pertama ternyata barang kosong (baik semua stok, atau hanya varian tertentu saja), segeralah mengirim pesan. Jika, hanya varian tertentu saja yang kosong, anda bisa menawarkan opsi pilihan warna lain atau model sejenis kepada customer.

Demikian langkah-langkah cara dropship di Shopee. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*