Anjing Anda Terlihat Kurus? Begini Cara Menggemukannya

Ada beberapa alasan kenapa anjing terlihat kurus. Misalnya, sedang sakit, kurang vitamin, atau makanan yang diberikan tidak sesuai. Setiap anjing punya tingkat metabolisme dan asupan nutrisi yang berbeda. Anjing dengan tingkat metabolisme tinggi memerlukan porsi yang sedikit lebih banyak dari jenis lain. Anjing yang sedang dalam keadaan stress juga bisa terlihat kurus karena kehilangan nafsu makan. Sebelum kita membahas cara membuat anjing gemuk, ada baiknya anda periksa apakah benar anjing anda terlalu kurus?

Kamu Harus Tahu! Jenis Penyakit Penyebab Anjing Tidak Mau Makan

Cara Memeriksa Tubuh Anjing Yang Ideal

  1. Tubuh anjing bisa dikatakan ideal jika tulang rusuknya tertutup sedikit lemak tetapi masih bisa diraba dengan mudah. Apabila sulit diraba karena tertutup oleh lemak, artinya anjing anda terlalu gemuk, dan sebaliknya.
  2. Kemudian, pinggangnya dapat terlihat jelas jika dilihat dari atas.
  3. Perut terlipat ke atas jika dilihat dari samping. Jika terlalu melipat keatas, anjing anda kemungkinan terlalu kurus. Sebaliknya, bila tidak melipat ke atas sama sekali, berarti anjing anda overweight.

Cara Membuat Anjing Gemuk

Coba Jenis Makanan Yang Berbeda

Tidak cocok dengan jenis makanan yang ada, bisa jadi satu penyebab anjing anda sulit gemuk walaupun sudah diberi makan sesuai dengan porsinya. Jika anda menggunakan makanan kemasan, coba cek kandungan nutrisi di dalamnya. Pastikan makanan tersebut mengandung jumlah protein, lemak, karbohidrat, dan sebagainya. Jangan lupa baca aturan porsi makan yang terdapat pada kemasan dog food tersebut. Pastikan porsinya sesuai dengan usia dan jenis anjing anda.

Anda bisa juga mencoba memberikan daging atau ikan segar seminggu dua kali untuk memenuhi nutrisi anjing kesayangan anda.

Berikan Vitamin Penambah Nafsu Makan

Jika penyebab anjing kurus adalah kurangnya nafsu makan, anda bisa mencoba memberikan vitamin penambah nafsu makan. Vitamin anjing bisa anda beli di pet shop atau supermarket dengan mudah. Bisa juga dengan mencoba mengganti jenis makanannya. Coba juga beberapa merek dan rasa dog food yang berbeda atau coba berikan daging segar yang telah dimasak.

Berikan Obat Cacing

Cacing yang terdapat pada tubuh anjing dapat menyerap semua nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, percuma memberikan makanan dengan nutrisi terbaik pada anjing kesayangan anda, jika terdapat banyak cacing pada tubuhnya. Berikan obat cacing ini sebaiknya dilakukan secara rutin.

Ubah Pola Makan

Mengubah pola makan bisa menjadi salah satu cara membuat anjing gemuk. Ada beberapa anjing yang memang aktif dan memiliki metabolisme tinggi. Jika biasanya anda memberikan makan dua kali sehari, cobalah membaginya menjadi 4 kali sehari. Aturan jumlah porsi yang diberikan setiap kali makan.

Olahraga

Olah raga bisa membuat penyerapan nutrisi oleh tubuh anjing menjadi optimal. Selain itu, olah raga juga bisa membuat anjing anda lebih sehat. Anda bisa mengajaknya joging setiap pagi dan sore. Bisa juga ditambah dengan bermain-main kecil dihalaman belakang pada siang hari jika anda ada waktu. Anda juga bisa memberikan cemilan disela-sela waktu main.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*